About Me

header ads

Berlangsung Khidmat, Pramuka SMPN 1 Plered Gelar Pelantikan Pramuka Penggalang Terap


PramukaNews | Purwakarta - Pangkalan SMP Negeri 1 Plered gugus depan 04.059-04.060 menggelar acara pelantikan Pramuka Penggalang Terap dengan antusiasme dan kebanggaan yang menggebu. Acara tersebut bertujuan untuk meresmikan keanggotaan para pramuka Penggalang Terap, yang merupakan tingkatan tertinggi dalam pramuka Penggalang, dan bertempat di SMP Negeri 1 Plered (19/06/23).

Kak Nurlaila Aprilia, selaku ketua pelaksana kegiatan ini, menuturkan bahwa, pelantikan ini menjadi momen yang penuh makna bagi para peserta, karena mereka diharapkan dapat memimpin dan merangkul adik-adik mereka sebagai penerus pramuka di masa depan. 

"Tujuannya adalah meresmikan menjadi seorang pramuka Penggalang Terap dan itu menjadi suatu kebanggaan karena Terap adalah tingkatan tertinggi dalam pramuka Penggalang, dari pelantikan ini kita harus bisa memimpin dan merangkul adik adik kita agar menjadi penerus kita kedepannya dan bisa memberikan contoh kepada adik adik kita seperti sikap, perilaku, rasa kekeluargaan dan menghargai satu sama lain.", tutur Kak Nurlaila.

Sebanyak 17 orang peserta turut serta dalam acara pelantikan ini, yang berlangsung di sekolah setelah rencana awalnya akan dilaksanakan di Gunung Bongkok. Meski ada beberapa perubahan dalam lokasi, acara tetap berjalan dengan lancar berkat bantuan kakak purna dan pembina yang turut membantu sejak awal hingga akhir acara.

Jalannya acara pelantikan ini sendiri dimulai dengan melaksanakan diklat terlebih dahulu. Setelah beberapa minggu menunggu, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelantikan yang berlangsung di sekolah. Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, namun acara berjalan dengan sukses dan mengesankan.

Pramuka Penggalang Terap memiliki peran penting dalam membentuk kepemimpinan dan persaudaraan di antara anggotanya. Sebagai anggota resmi Pramuka Terap, mereka merasakan ikatan yang lebih kuat dengan sesama anggota dan belajar mengelola sebuah kelompok atau organisasi. Pramuka Terap didorong untuk menjadi pemimpin yang baik dan mampu memotivasi anggota lainnya.

Selain itu, pelantikan ini juga menekankan pentingnya tanggung jawab dan nilai-nilai seperti disiplin, kerja keras, dan integritas. Pramuka Terap diajarkan untuk belajar bekerja sebagai tim, menghormati perbedaan, dan bekerja sama untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Dalam kesan dan pesan yang disampaikan, para peserta merasa bangga dan bersemangat menjadi bagian dari Pramuka Terap, sebagaimana yang diungkapkan oleh Kak Fauzi Dzikri Ramadhan & Nayla Khoirunnisa sebagai peserta pelantikan.

"Dalam acara pelantikan kemarin, kami merasakan antusiasme dan kebanggaan karena telah menjadi bagian dari Pramuka Terap. Sebagai anggota Pramuka Terap resmi, kami merasakan ikatan dan persaudaraan yang lebih erat dengan sesama anggotanya. Selain itu, Pelantikan Pramuka Terap memberikan kesan tentang pentingnya kepemimpinan dalam mengelola sebuah kelompok atau organisasi. Pramuka Terap didorong untuk menjadi pemimpin yang baik, dan dapat memotivasi anggotanya. Pramuka terap diajarkan untuk bertanggung jawab atas tugas dan kewajiban mereka, serta untuk menghargai nilai nilai seperti disiplin, kerja keras dan integritas. Pramuka terap diajarkan belajar bekerja sebagai tim, menghormati perbedaan, dan bekerja sama untuk mencapai hasil yang lebih baik", ungkap kak Fauzi dan Kak Nayla.

Acara pelantikan Pramuka Penggalang Terap SMP Negeri 1 Plered ini berhasil memberikan inspirasi dan semangat bagi para peserta untuk terus berkontribusi dalam lingkungan pramuka serta mampu membawa pengaruh positif dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kegiatan pramuka yang berfokus pada pembentukan kepemimpinan dan persaudaraan.

Jurnalis: Dimas Taufiqur Rahman – 21002
Editor: Feriadi Siregar – 14007

Posting Komentar

0 Komentar