About Me

header ads

Saka Kalpataru Ambil Bagian Dalam Raicab Kwarcab Simalungun Tahun 2023


PramukaNews | Kab. Simalungun - DKC Kwarcab Simalungun Kembali melaksanakan Raimuna Cabang (Raicab) Simalungun yang ke XII dilaksanakan pada Jumat - Minggu (23-25/06/2023) bertempat di lapangan Cadika Kwarcab Simalungun yang diikuti oleh beberapa sekolah.

Kegiatan Raicab ini merupakan Pertemuan antara Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, sekaligus sebagai bagian persiapan mengikuti Raimuna Nasional yang akan Berlangsung di Cibubur, Jakarta Timur pada bulan Agustus mendatang.

Tidak mau ketinggalan, Satuan Karya (Saka) Karpataru yang bernaung dibawah Dinas Lingkungan Hidup juga antusias dalam memeriahkan kegiatan Raicab Simalungun. Saka Kalpataru diberi kesempatan untuk memberikan materi tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Saka Kalpataru memberikan materi tentang konservasi keanekaragaman hayati, perubahan iklim. Saka Kalpataru mengarahkan generasi muda yang tergabung dalam Pramuka untuk mengatasi persoalan perubahan iklim, dan yang terakhir ada Krida 3R (Reuse, Reduce, Recycle)  meliputi Reuse (Guna ulang) yaitu kegiatan penggunaan kembali sampah yang masih digunakan baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi lain. Reduce (Mengurangi) yaitu mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah, dan Recycle (Mendaur ulang) yaitu mengolah sampah menjadi produk baru.

Sembari memberi materi kepada peserta, Ketua Pinsaka Kalpataru Kwarcab Simalungun kakak Akhdan Syafrialdi Siregar memberi Pendapat "menurut saya, Raimuna ini adalah kegiatan yg positif, dimana Pramuka Penegak dan Pandega berkumpul bersama saling bersilaturahmi dan menambah wawasan pengalaman di banyak bidang khususnya likungan hidup." ucap kak Akhdan.

Diakhir kesempatannya, kak Akhdan Syafrialdi Siregar dan Pamong Saka lainnya memberi waktu untuk tanya jawab tentang Dinas Lingkungan Hidup dan Saka kalpataru, serta tidak lupa juga memberi cendra mata kepada peserta agar lebih bersemangat untuk mengikuti Raimuna Cabang ke XII ini.

Jurnalis : Ilham 21027
Editor : Jariri Arroah Manda 19045

Posting Komentar

0 Komentar