About Me

header ads

Ka.Mabigus : Gudep MIN 3 Kota Sawahlunto Sudah Terakreditasi A


PramukaNews | Kota Sawahlunto - Gugus Depan (Gudep) 04.023-04.024 Pangkalan MIN 3 Kota Sawahlunto melaksanakan Musyawarah Gugus Depan (Mugus) pada Sabtu, (29/07/2023) bertempat di Pangkalan Gudep tersebut.

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka.Mabigus) kak Hamadi, S.Pd., M.Pd, menyampaikan bahwa di Gudep ini dilaksanakan pembinaan untuk 2 golongan yakni Pramuka Golongan Siaga dan Pramuka Golongan Penggalang.

"Kita di Gudep ini melaksanakan pembinaan untuk Pramuka golongan Siaga yang terdiri dari peserta didik kelas 1, 2, dan 3, kemudian untuk Pramuka Golongan Penggalang yang terdiri dari peserta didik kelas 4, 5, dan 6," ucap kakak yang juga peserta KPN 2023 lalu.

Lebih lanjut kak Hamadi yang juga Purna Racana Imam Bonjol Rohana Kudus UIN Imam Bonjol Padang menyampaikan dalam arahannya ketika pembukaan Mugus bahwa Gudep yang berpangkalan di MIN 3 Kota Sawahlunto ini telah terakreditasi dengan predikat A dan juga satu-satunya di Kwarran 04 Silungkang. 

"Jadi dengan telah terakreditasinya Gudep ini, tentu kita harus lebih serius dan giat lagi dalam pelaksanaan pembinaan dan kegiatan Kepramukaan dengan salah satu caranya kita melengkapi struktur organisasi Gudep yang diisi oleh tenaga pendidik, pengurus Komite, tokoh masyarakat, dan anggota Pramuka aktif yang berada disekitaran Gudep ini. Dalam Mugus ini kita melakukan penyusunan struktur organisasi yang terdiri dari Mabigus, Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gudep, dan Gudep itu sendiri," ucap kak Hamadi.

"Dalam hal pembinaan Kepramukaan terhadap peserta didik, kita melibatkan semua unsur diantaranya Komite sekolah, tokoh masyarakat, dan juga anggota Pramuka yang aktif dalam Kepramukaan," ungkap Kakak yang juga Andalan Kwarcab 11 Kota Sawahlunto ini.

Dalam kegiatan ini, Pengawas Komite Madrasah berharap peserta didik bisa lebih mandiri dan terampil.

"Komite mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Kepramukaan di sekolah ini dengan harapan peserta didik bisa mandiri dan memiliki keterampilan sejak dini, Terutama melihat kondisi saat ini lebih banyak bergelut dengan gadget dan membuat anak tidak mandiri serta cenderung malas," ucap kak Maidirson.

kemudian ketua komite menambahkan "program yang sudah direncanakan hendaknya memang betul-betul bisa terlaksana semuanya, jadi tidak hanya sekedar tertuang dikertas saja dan kegiatan mugus ini tidak sia-sia," imbuh Ketua Komite Kak Cece Rina, SH.

Komite juga berharap agar bisa dilaksanakan kegiatan perkemahan di sekolah mengingat sekolah juga memiliki lapangan yang memadai, sehingga para orang tua juga bisa melihat secara langsung perkembangan anaknya. Beliau mencontohkan penggunaan gadget saat ini, Handphone itu memang kecil, namun bisa membuat orang tidak tegur sapa meskipun sedang berdampingan.

Adapun susunan Kepengurusan Gudep Putra diketuai oleh kak Fondra Surya, ST dan Gudep Putri diketuai oleh kak Delvia, S.Pd.

Diakhir kegiatan, Ketua Kwarran 03 Silungkang mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Mugus MIN 3 Kota Sawahlunto dan berharap Gudep lainnya juga bisa aktif dalam membina generasi muda mulai dari usia siaga hingga usia Penegak dan mengembangkan Kepramukaan di pangkalan yang ada di Kecamatan Silungkang.

Kegiatan ini dilaksanakan dari pagi hingga sore hari dengan rangkaiannya terdiri dari Musyawarah Gugus Depan, pelantikan pengurus, hingga Rapat komisi yang membahas tentang struktur organisasi, Program kerja, anggaran dengan melibatkan seluruh peserta musyawarah Gugus Depan.


Jurnalis : Jariri Arroah Manda - 19045

Posting Komentar

0 Komentar