About Me

header ads

Perkemahaan Penerimaan Tamu Penggalang SMPN 8 Merauke



PramukaNews | Merauke - Pada Sabtu (22/07/2023) lalu, berlangsung upacara penutupan perkemahan Penerimaan Tamu Penggalang di SMPN 8 Merauke. Acara ini dihadiri oleh Kakak Witanti Utami, S.Pt selaku Ketua Kwartir Ranting (Ka.Kwarran) Tanah Miring sekaligus pembina upacara di Bumi Perkemahan SMPN 8 Merauke, Kel. Yasa Mulya, Kec. Tanah Miring, Kab. Merauke, Prov. Papua Selatan.

Kegiatan dimulai sejak tanggal 21 Juli 2023 pukul 07.00 WIT dengan jumlah peserta 384 orang. Menariknya, peserta kegiatan itu berasal dari berbagai daerah dan suku di Indonesia. Termasuk Orang Asli Papua (OAP), suku Jawa, Sulawesi, NTT, dan daerah-daerah lainnya. 

Dalam kegiatan ini, 30 orang berperan sebagai panitia, yaitu para pembina atau guru dari sekolah. Terdapat juga 6 orang pengurus Dewan Kerja Ranting Tanah Miring yang diminta terlibat untuk membantu. Upacara ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa/siswi dalam kegiatan kepramukaan. Sehingga kemudian diharapkan dapat berkontribusi pada prestasi siswa/siswi SMPN 8 Merauke.

Ka.Kwarran dalam amanatnya menekankan pentingnya prestasi dalam kegiatan kepramukaan. Termasuk gelar juara umum yang telah diraih oleh Kwartir Ranting Tanah Miring pada kegiatan Jambore Cabang Kwartir Cabang Merauke di bulan November 2021. Ia cukup serius dalam penyampaiannya kepada para peserta kegiatan itu berkenaan dengan prestasi. Menurutnya peningkatan prestasi dari sisi non-akademik juga tidak kalah penting.

"Diharapkan kegiatan rutin kepramukaan di Gudep dapat berjalan dengan baik dan prestasi terus ditingkatkan. Penerimaan Tamu Penggalang ini sebagai inisiasi untuk mencapai hal tersebut," ucap kak Witanti Utami, S.Pt.

Kesiapan kedepan juga dipertimbangkan, prestasi harus terus-menerus ditingkatkan sehingga SMPN 8 Merauke bisa mengirimkan perwakilan siswa/siswinya pada kegiatan berprestasi. Seperti sebelumnya telah mengirimkan perwakilan untuk mengikuti kegiatan Jamboree Nasional XI Tahun 2022.


Jurnalis : Adi Prasetyo 21024

Editor : M. Rusdi 19016

Posting Komentar

0 Komentar