About Me

header ads

Pramuka Kota Makassar Siap Sukseskan Raimuna Nasional XII

PRAMUKANEWS | Makassar - Gerakan Pramuka Kota Makassar melaksanakan Pembekalan Peserta dalam rangka ikut serta pada kegiatan Raimuna Nasional XII Tahun 2023 di Buperta Cibubur, 14 - 21 Agustus 2023 mendatang.

Pelaksanaan pembekalan ini di koordinir langsung oleh Pimpinan Kontingen Cabang Putri dan Putra dalam hal ini Ketua Dewan Kerja Cabang dan Wakil Ketua Dewan Kerja Cabang. Pembekalan Peserta Rainas XII Koncab Kota Makassar dilaksanakan rutin setiap Sabtu dan Minggu. Pelaksanaan tersebut menggunakan fasilitas yang ada di Kwartir Cabang Kota Makassar serta menyesuaikan dengan latihan peserta. Peserta yang terhimpun dalam Kontingen Cabang Kota Makassar berasal dari utusan Kwartir Ranting yang ada di Kota Makassar dan juga beberapa perguruan tinggi yang ikut serta. Pada kali ini Koncab Kota Makassar mengirim sebanyak 4 Umpi Putra dan 4 Umpi Putri dengan total 64 orang ditambah1 orang unsur dokter kontingen cabang dan 1 orang unsur pembina pendamping.

Kak Siska selaku Pimpinan Kontingen Cabang Putri saat ditemui dilatihan rutin mengutarakan bahwa persiapan Kontingen Cabang Kota Makassar menuju Raimuna Nasional XII itu yang pertama lebih kepada mental dan fisik para peserta. Peserta diberikan pembekalan mengenai pengetahuan dasar tentang kegiatan yang akan dilakukan saat dilokasi perkemahan. Selain itu,  Kak Siska juga menyampaikan Pramuka Kota Makassar dianggap perlu ikut serta dalam Rainas XII karena Rainas ini merupakan kegiatan langka untuk Pramuka Penegak dan Pandega yang hanya dilakukan setiap 5 tahun sekali. Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang bersilaturahmi  dan berkenalan dengan Pramuka Penegak dan Pandega se-Indonesia. Terlebih kegiatan ini merupakan pesta paling besar untuk golongan Penegak dan Pandega.

"Progres pembekalan peserta Rainas XII Koncab Kota Makassar hingga saat ini sudah mencapai 80% dan sisanya tinggal pemantapan kepada peserta," tutur Kak Siska.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini Pramuka Penegak dan Pandega Kota Makassar dapat menjalin silaturahmi antara Pramuka Penegak dan Pandega se-Indonesia. Melalui materi yang diberikan selama pembekalan dapat direalisasikan dan dapat menjadi teladan Penegak dan Pandega di Kota Makassar. Pada intinya, ada karakter yang berbeda dan kepribadian yang unggul bagi peserta Rainas," sambung Kak Siska.

Kamis, 3 Agustus 2023 para peserta dilepas langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Kota Makassar Kak Fatmawati Rusdi. Pada kesempatan itu pula, Kak Kwarcab menyampaikan harapannya untuk para peserta. 

"Jika nanti sudah dilokasi tetap ingat semboyan kita, sipakainge, sipakatau, sipakalebbi. Utamanya adalah tetap menjaga nama baik Sulawesi Selatan  serta Kota Makassar," tutupnya dalam sambutan saat pelepasan peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023.

Jurnalis: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar