About Me

header ads

SMAN 3 Purwakarta Hebat! PTA Sukses Digelar untuk Menyaring Calon Pemimpin Berkarakter!


PRAMUKANEWS|Purwakarta, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Purwakarta sukses menyelenggarakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) dengan tema "Memantapkan Pendidikan Kepramukaan untuk Menghasilkan Calon Pemimpin Bangsa yang Berkarakter". Acara yang berlangsung sehari tersebut diikuti oleh lebih dari 400 peserta didik baru, yang akan menjalani pindah tingkatan dari Penggalang ke Penegak, sekaligus memenuhi fase peralihan dari Pramuka Penggalang menuju Pramuka Penegak. (21/07/23)

Kegiatan yang berlangsung di SMAN 3 Purwakarta tersebut berhasil menciptakan semangat kebersamaan dan kegembiraan bagi seluruh peserta. Dalam wawancara dengan beberapa pihak terkait, nampaknya tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan PTA ini.

Widya Nurlaila, Ketua Pelaksana PTA, menyampaikan bahwa tidak ada kendala berarti dalam proses jalannya kegiatan, selain daripada itu banyak peserta yang antusias dalam menjalani kegiatan PTA tersebut.

"Untuk kendala, alhamdulillah tidak ada. Tadi saya sudah datang ke setiap barak, ada 10 barak (6 barak putri, 4 barak putra), kita sharing-sharing tentang PTA sekarang, ada beberapa pendapat, ada yang bilang seru dan ada yang bilang nggak. Tapi, kebanyakan pada bilang seru sih," ucapnya.

Kak Irma Susanti, M.Pd selaku Pembina Putri, mengungkapkan bahwa PTA mengikuti aturan sekolah dan penjadwalan yang telah ditetapkan. Seluruh peserta didik baru diajak untuk mengenal lingkungan sekolah bersama anggota pramuka dan pembina, sehingga diharapkan dapat membantu peserta didik dalam beradaptasi dengan lingkungan baru.

"Kalau (PTA) itu kita ngikutin dari aturan sekolah saja, dari penjadwalan juga kita ngikutin dari aturan yang berlaku dan semua sekolah juga sudah diberi tahu. Jadi, di PTA ini mereka itu mengenal lingkungan sekolah bersama anak-anak pramuka bersama pembina juga mengarahkan," ungkapnya pada kami.

Banyak sekali harapan untuk para peserta PTA tahun ini, sebagaimana yang diharapkan oleh Kak Topan Sopyan, S.Kom selaku Pembina Putra.

"Selepas anak-anak mengikuti kegiatan ini, mereka diharapkan dapat memahami, menghayati, menerapkan, dan mengembangkan nilai-nilai yang ada dalam pramuka, mengamalkan dasa dharma dan tri satya," harapnya.

Salah seorang peserta PTA, Muhammad Fairuz Alfazakia, mengungkapkan bahwa tidak ada kendala yang berarti selama acara berlangsung. Ia juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras panitia yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan dengan baik. 

"Sangat menyenangkan, banyak teman baru, panitia baik, dan juga kami semua gembira ada di SMA 3 Purwakarta ini, Pramukanya pada bagus-bagus," ujar Fairuz.

Dalam PTA ini, seluruh peserta didik baru diperkenalkan dengan nilai-nilai kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk karakter yang kuat dan menjadi calon pemimpin bangsa yang berkarakter. Dengan semangat kepramukaan yang kental, diharapkan mereka dapat mengembangkan potensi diri dan menjadi generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Dalam kesempatan ini, kepala sekolah, pembina pramuka, anggota pramuka, serta para alumni anggota pramuka SMAN 3 Purwakarta turut hadir dan memberikan dukungan penuh dalam kegiatan PTA tersebut.

Selamat kepada SMAN 3 Purwakarta atas suksesnya pelaksanaan Penerimaan Tamu Ambalan dengan tema "Memantapkan Pendidikan Kepramukaan untuk Menghasilkan Calon Pemimpin Bangsa yang Berkarakter." Semoga nilai-nilai kepramukaan yang ditanamkan dalam kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan mendorong peserta didik baru untuk tumbuh menjadi generasi unggul dan berintegritas.


Jurnalis: Dimas Taufiqur Rahman – 21002

Editor: Feriadi Siregar – 14007

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mantap! Semoga, bisa terus bersinergi dan berkolaborasi guna Indonesia Maju!

    BalasHapus