About Me

header ads

Harapkan Pramuka Lebih Aktif Lagi Melalui Jambore Ranting Kedamean 2023

Pramukanews | Gresik. Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kedamean Selenggarakan Jambore Ranting (Jamran) bagi Pramuka Penggalang Gugus Depan pangkalan di SD/MI dan SMP/MTs. Acara yang berlangsung selama 3 hari dari hari Jum'at, 25 Agustus 2023 - Minggu, 27 Agustus 2023 tersebut diikuti oleh sekitar 400 anggota Pramuka Penggalang dari 22 pangkalan. Kegiatan Jamran tahun ini bertempat di Lapangan  Desa Glindah, Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik.

Kegiatan Jamran ini dimulai dengan pendirian tenda dan upacara pembukaan yang dibuka secara resmi oleh Camat Kedamean yaitu Kak Drs. Sukardi, M. M selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Kedamean. Dalam sambutannya Kamabiran memberikan apresiasi yang begitu besar terhadap semangat adik– adik yang telah mengikuti jambore ranting tahun ini, meski belum bisa ikut semuanya, namun semangat dari adik – adik yang begitu besar sehingga kegiatan ini masih dapat di lakukan.

Turut hadir juga dalam upacara pembukaan ini Kapolsek, Danramil, Tim Kesehatan dari Puskesmas, Kamabigus, dan  beberapa unsur tamu undangan lainnya. 

Ada banyak macam kegiatan yang diikuti peserta selama acara berlangsung. Diantaranya giat keagamaan, giat peningkatan seni budaya seperti kegiatan pentas seni dan pawai budaya. Ada juga giat prestasi yang meliputi lomba pengetahuan kepramukaan, Morse dan semaphore, Lomba Pionering, Lomba Yel-yel, dan juga Penilaian dari Tapak tenda dari masing-masing regu.

Kegiatan Jamran ini mengangkat Tema "Penggalang Aktif, Kreatif, dan Produktif". Dengan harapan bisa lebih meningkatkan kemampuan Pramuka Penggalang bisa lebih Kreatif dan Produktif apalagi setelah masa pandemi ini. 
Seperti yang disampaikan oleh Kak Darmono, S. Pd selaku pembina upacara penutupan sekaligus Andalan Ranting Bidang Siaga Putra bahwasanya berharap dengan adanya Jambore Ranting ini, Pramuka di wilayah Kwartir Ranting Kedamean bisa lebih aktif lagi. Semoga kita juga bisa melaksanakan agenda ini secara berkelanjutan setiap tahunnya. 
" Semoga ini bukan yang terakhir ya, tapi kita bisa terus melaksanakan agenda seperti ini di tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya agar Pramuka di Kedamean ini bisa terus aktif dan benar-benar hidup" Tuturnya di akhir sambutan. 

Kegiatan pun diakhiri dengan pengumuman hasil pemenang lomba dari masing-masing regu dan pangkalan, serta penyerahan piala bagi para pemenang.

Jurnalis: Fathimatuz Zuhro– 19035

Editor: Adlal Hiadyat– 18048

Posting Komentar

0 Komentar