About Me

header ads

Ikuti Dianpinru dan Latgab, Gugus Depan 03.001-03.002 Pangkalan UPT SDN 228 Gresik Siap Mencetak Pemimpin Masa Depan

PramukaNews | Gresik - Rabu (30/8/2023), telah terselenggara Kegiatan Gladian Pimpinan Regu dan Latihan Gabungan tingkat Penggalang SD/MI dan MTs/SMP se-Kwartir Ranting Menganti. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari, yakni hari Selasa, 29 Agustus 2023 sampai hari Rabu, 30 Agustus 2023 yang bertempat di Bumi Perkemahan Lapangan LPI Al Azhar Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur.
Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 07.00 wib dan berakhir pada pukul 09.30 wib keesokan harinya. Dengan diikuti puluhan pangkalan baik dari tingkat SD/MI dan SMP/MTs, dan diperkirakan sekitar 200 lebih peserta pramuka penggalang yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, termasuk peserta delegasi dari pangkalan UPT SDN 228 Gresik yang mengirimkan 2 (dua) pmpinan regu putra dan 2 (dua) pimpinan regu putri.
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Ranting Menganti yakni Kak Sugiono, beliau menyampaikan bahwa kegiatan perkemahan bersama tingkat ranting harus dan penting untuk diadakan karena akan berdampak positif pada adik-adik pramuka yang ada di gugus depan juga berdampak pula pada para pembina di gugus depan.
“Setelah lebih dari empat tahun tidak ada kegiatan perkemahan bersama, Alhamdulillah tahun ini bisa terselenggara kembali, terimakasih kepada gugus depan yang berpartisipasi dan terimakasih pada panitia yang menyelenggarakan kegiatan ini, saya berharap akan ada kegiatan seperti ini lagi untuk kemajuan pramuka Menganti” pungkasnya.
Kak Putri dan Kak Syifaul selaku Pembina satuan di UPT SDN 228 Menganti juga sangat antusias dalam kegiatan Gladian Pinru dan Latihan Gabungan tersebut, walaupun persiapan hanya 1 (satu) minggu, namun adik-adik tidak sulit dalam berlatih dan menyiapkan diri dalam mengikuti kegiatan tersebut,
“wes suwe gak ada kegiatan, Alhamdulillah saiki iso melu kegiatan pramuka maneh” tutur kak faul saat ditemui di depan tenda pangkalan UPT SDN 228 Gresik. Kak putri juga menambahkan kalau kegiatan ini sangat di support oleh pihak sekolah, “kebetulan pembina satuan tidak hanya berdua, ada kak fais dan kak fathimah juga, saya tiba-tiba di telvon kak fathimah disuruh mendampingi delegasi dari UPT SDN 228 Menganti, soalnya kak fathimah di hubungi pak Faiq, kata pak Faiq pokoknya harus ada perwakilan dari sekolah kita gitu” jelasnya saat ditemui di selah-selah acara.
Dalam sesi acara Pawai Budaya, UPT SDN 228 Gresik mengusung konsep Pahlawan dan Nasionalisme dengan memakai kostum doreng ala Tentara Nasional Indonesia (TNI), Aurel salah satu peserta menuturkan bahwa dia sangat senang kegiatan tersebut, sampai menannyakan kapan ada kegiatan perkemahan besar lagi, karena banyak teman baru dan pengalaman baru yang didapatkan selama 2 hari berkegiatan, “kapan ada lagi kemah keluar ya kak, soalnya seru banget, banyak teman dan bisa jajan juga” tuturnya.

Kegiatan Gladian Pimpinan Regu dan Latihan Bersama ditutup dengan Upacara Penutupan sekitar pukul 09.00 wib. Upacara penutupan dilaksanakan 30 menit lebih awal karena melihat cuaca yang cukup panas dan keadaan peserta yang sudah kelelahan setelah pawai budaya mengelilingi salah satu dusun di Menganti. Upacara penutupan ditutup langsung oleh ka kwarran Menganti dan diikuti oleh semua peserta dengan khidmat.

Jurnalis : Muhammad Faishol - 21030
Editor : Laila Aziza - 19010

Posting Komentar

0 Komentar