About Me

header ads

Pramuka SMAN 7 Kerinci Gelar Penerimaan Tamu Ambalan, Diikuti Ratusan Peserta

PramukaNews | Kerinci - Gerakan Pramuka Indonesia merupakan organisasi yang menjadi wadah pengembangan dan proses pendidikan generasi muda. Kepramukaan adalah suatu proses pendidikan diluar sekolah dan keluarga yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Dan Metode Kepramukaan serta dibawah pengawasan Orang Dewasa.

Salah satu kegiatan bagi calon penegak yaitu Penerimaan Tamu Ambalan. Penerimaan Tamu Ambalan merupakan kegiatan bagi calon penegak untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak dan untuk memenuhi fase peralihan dari Pramuka Penggalang menuju Pramuka Penegak serta untuk lebih mengenalkan kegiatan Pramuka di SMAN 7 Kerinci ini.

Kegiatan ini sebagai wadah menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota pramuka, melatih kedisiplinan dan kemandirian yang lebih baik bagi kelas X serta melatih kekompakan antar anggota pramuka. Pada tahun ini SMA Negeri 7 Kerinci melaksanakan PTA pada hari Sabtu-Minggu tanggal 9-10 September 2023.

Perkemahan ini diikuti oleh kelas X sebanyak 200 orang lebih peserta. Adapun tema yang diangkat adalah “Dengan Gerakan Pramuka membentuk karakter anggota Pramuka yang kreatif, adaptif, dan inovatif serta berbudi luhur."

Selain para siswa kelas X yang mengikuti kegiatan ini, Dewan Guru, PMR, juga mengikuti kegitan ini untuk mengawasi para peserta selama di Bumi Perkemahan agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

Hari pertama diawali dengan upacara pembukaan pada pukul 17.30 WIB, yang dipimpin langsung oleh Kak Drs.Bentoni,MM selaku Kamabigus. kegiatan dilanjut dengan Ishoma dan kemudian dilanjutkan dengan Upacara Api Unggun yang dipimpin juga oleh Kak Drs.Bentoni,MM serta pemindahan golongan dari Penggalang ke Penegak. Dalam amanatnya beliau berpesan “Mari sama-sama menjaga ketertiban, keamanan, jaga diri, semuanya terjaga dan betul-betul menghayati apa yang dapat diambil hikmah didalam gerakan pramuka ini”.

Kak Satrya Candra Kiawan A.Md selaku Pembina Satuan putra pada sambutannya juga menyampaikan "Berapa orang yang ikut Penerimaan Tamu Ambalan, kami berharap sebanyak itu juga yang akan menjadi penegak di SMAN 7 Kerinci nantinya".

Hari kedua atau hari terakhir kegiatan diawali dengan senam pagi, materi dan upacara penutupan yang dipimpin oleh pembina Pramuka Kak Eri Deka Gustiar, M.Kom.

Anisa salah satu peserta PTA mengatakan bahwa “Kegiatan PTA ini sangat menyenangkan, solidaritas semakin dekat, lebih diasah untuk mandiri, dan harapannya lebih banyak lagi yang ikut Pramuka.”

Setelah upacara penutupan Selanjutnya pembongkaran tenda dan membersihkan sampah yang ada di area perkemahan dan kegiatan ini ditutup dengan sayonara, berjabat tangan antara peserta dengan seluruh panitia PTA, majelis guru, dan para tamu.

Jurnalis : Tegar Revi Yogianda (21016)

Editor : Chandra Hartanto (18071)

Posting Komentar

0 Komentar