About Me

header ads

Kwarcab Purwakarta Sukses Gelar Kegiatan JOTA-JOTI, Ratusan Peserta Antusias Ikuti Acara


 PramukaNews|Purwakarta - Kegiatan Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On Internet (JOTI) kembali meriahkan bulan Oktober. Setiap tahun, jutaan anak muda yang tergabung dalam organisasi kepanduan di seluruh dunia berkumpul untuk melakukan aktivitas kepramukaan secara daring selama akhir pekan Jumat -Minggu ,(20-23/10/23).


Pada tahun 2023, pelaksanaan JOTA-JOTI di Kwarcab Purwakarta berlangsung di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwakarta dari tanggal 20 hingga 23 Oktober. Acara ini menjadi pusat perhatian para Pramuka di daerah ini, dengan 300 lebih peserta dari berbagai Kwartir Ranting (Kwarran), seperti Babakan Cikao, Kota Purwakarta, Jatiluhur, Kiara Pedes, Bungursari, Plered, Sukatani, Pasawahan, Maniis, dan Tegal Waru.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) Purwakarta yang dipimpin oleh Ahmad Taufik Hidayat, S.Pd. Mereka menjalin kerja sama erat dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Purwakarta, yang diwakili oleh Karyanto, S.E (Wakil Ketua ORARI Lokal Purwakarta), dan Joko Sulistio, S.T (Kabid Operasional dan Teknik ORARI Lokal Purwakarta).

Dalam kegiatan Pramuka, terdapat banyak kegiatan yang dapat membantu para anggotanya untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para anggota Pramuka untuk berkomunikasi dengan Pramuka dari seluruh dunia melalui radio dan internet, hal itu selaras dengan ungkapan salah satu peserta yang berasal dari Pangkalan SMKN Kiara Pedes, Kak Cecep Rahmat.

"Mungkin dengan adanya kegiatan ini tentunya kakak-kakak pramuka yang ada disini dapat memperluas relasi dan pengetahuan tentang betapa pentingnya radio di masa dahulu atau dimasa sekarang. Untuk kakak-kakak yang mengikuti JOTA JOTI ini, untuk selalu menjaga kebersihan dan kedisiplinannya", ungkap kak Cecep.

Kegiatan dimulai dengan penyebaran informasi oleh Kwarcab Purwakarta kepada Kwarran-kwarran lainnya, diikuti dengan pendaftaran ulang para peserta. Acara resmi dibuka dengan apel pembukaan yang meriah, dan selain daripada itu kegiatan berlangsung dengan menginap selama 3 hari 2 malam, dengan disertai malam jumpa tokoh, dan berbagai rangkaian kegiatan lainnya.

Peserta JOTA-JOTI dibagi menjadi empat kelompok warna, yaitu Orange, Ungu, Coklat, dan Kuning, sesuai dengan jenis kegiatan yang akan diikuti. Mereka terlibat dalam beragam aktivitas, termasuk JOTA (Jambore On The Air), JOTI (Jambore On Internet), Teknik Radio, dan Fox Hunting (Pencarian Sinyal).

Salah satu peserta JOTA JOTI, Kak Aira Griselda dari pangkalan SMPN 7 Purwakarta, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat seru dan menyenangkan karena dapat mengenal lebih banyak orang dan memperkuat hubungan antar teman. 

"Seru yah disini, kita bisa mengenal lebih banyak lagi orang disini. Terus bisa memperkuat hubungan antar teman bisa solid juga, terus seru sih kak. Terus untuk pesannya, semoga Jambore JOTA JOTI, kedepannya lebih seru, keren, dan lebih asik lagi", ucap kak Aira.

Kegiatan ini tidak hanya mempererat tali persaudaraan di antara para Pramuka di Kwarcab Purwakarta, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan kepramukaan secara daring. Semoga kegiatan serupa akan terus mendukung perkembangan Pramuka di masa depan.


Jurnalis: Dimas Taufiqur Rahman - 21002

Editor: Jariri Arroah Manda- 19045

Posting Komentar

0 Komentar