About Me

header ads

Orari Lokal Kota Sawahlunto Dukung Penuh JOTA JOTI Kwarcab 11 Kota Sawahlunto Tahun 2023


PramukaNews | Kota Sawahlunto - Kwarcab 11 Kota Sawahlunto ikut berpartisipasi pada kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) dan Jamboree On The Internet (JOTI) 2023 yang dimulai dari Jumat-Minggu (20-22/10/2023) dengan pusat kegiatan berada di kantor Kwarcab 11 Kota Sawahlunto.

Kegiatan yang dibuka oleh Andalan Cabang bidang Abdimas Gana Kwarcab 11 Kota Sawahlunto Kak Asnofaweri. Dalam kata sambutan kak Weri menyampaikan bahwa kegiatan JOTA merupakan cikal bakal dari anggota ORARI.

"JOTA merupakan cikal bakal dari kesempatan untuk menjadi anggota ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia) yang sangat berguna dalam keadaan darurat," ucap kak weri yang juga ASN BPBD Kota Sawahlunto.

Lebih lanjut kak Weri menyampaikan rangkaian acara terdiri dari pembukaan, dilanjutkan dengan pemberian materi tentang radio komunikasi dari ORARI Lokal (orlok) Kota Sawahlunto.

"Pertama pembukaan, dilanjutkan dengan materi teori dasar, kemudian praktek pakai Handy Talky (HT) yang disampaikan oleh Orlok Kota Sawahlunto sebelum adik-adik peserta berkomunikasi dengan stasiun JOTA lainnya menggunakan perangkat all band,"urai kak Weri.

Diakhir wawancara kak Weri menaruh harapan kepada peserta kegiatan Jota Joti 2023.

"adik-adik diharapkan bisa menggunakan perangkat radio komunikasi karena inilah jalur komunikasi yang tidak pernah putus apabila terjadi bencana atau keadaan darurat dan untuk kedepannya kita (Kwarcab.red) bisa menjalin komunikasi lebih luas lagi dengan Orlok serta Dinas Kominfo Kota Sawahlunto,"tutup kakak yang aktif Tagana Kota Sawahlunto.

Masih di tempat kegiatan, ketua Orari Lokal Kota Sawahlunto berharap dengan pelaksanaan kegiatan menuturkan "Generasi muda (Pramuka) bisa menjadi penerus Orari mengingat topografi Kota Sawahlunto yang rawan bencana sebagai contohnya gempa  Padang, Gempa dan Tsunami Aceh Orari tetap menjadi terdepan untuk menyampaikan komunikasi oleh karena itu, kami dari Orari terkhusus sebagai penanggung jawab stasiun jota (YB 5 ADL) sangat mendukung penuh pelaksanaan kegiatan JOTA JOTI ini, dan untuk kedepannya kita akan menyampaikan kepada pihak Pemerintah Kota untuk melengkapi perlengkapan radio komunikasi di Kwarcab Kota Sawahlunto agar jangkauan dari radio bisa lebih luas lagi tidak hanya Sumatera Barat sekitarnya tapi bisa mencapai timur Indonesia dan juga keluar negeri,"ungkap kakak yang juga aparat desa.

Diakhir wawancara beliau mengungkapkan "jika ingin mempelajari lebih dalam tentang Orari bisa belajar dengan kakak-kakak yang ada di Kwarcab yang juga sudah memiliki Callsign Orari seperti kak Asnofaweri, Kak Agustin, kak Fajri dan masih banyak lagi dan jika sudah mampu dan mencukupi persyaratan dasar bisa melakukan pendaftaran untuk memiliki callsign guna berkomunikasi menggunakan perangkat radio pada kehidupan sehari-hari,"tutup ketua Orari lokal Kota Sawahlunto yang juga penanggung jawab stasiun JOTA Kwarcab 11 Kota Sawahlunto.

Turut hadir pada pembukaan acara tersebut Ketua Orari Lokal Kota Sawahlunto beserta anggota, Perwakilan Dinas Kominfo Kota Sawahlunto, pengurus beserta DKC Kwarcab 11 Kota Sawahlunto, dan adik-adik Penegak yang berasal dari beberapa Gugus Depan yang ada di Kota Sawahlunto.


Jurnalis : Jariri Arroah Manda 19045

Posting Komentar

0 Komentar