About Me

header ads

Pengukuhan Anggota Saka Bhayangkara Polsek Tanah Miring Tahun 2023


PramukaNews | Merauke - Pada hari Jum’at s.d Minggu (27-29/10/2023) lalu, telah berlangsung kegiatan Penerimaan Tamu Saka Bhayangkara Polsek Tanah Miring Angkatan Ke-III Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Polsek Tanah Miring, Kel. Yasa Mulya, Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke. Penutupan kegiatan dihadiri oleh Kakak Elvis Palpialy, S.Sos selaku Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Bhayangkara Polsek Tanah Miring dan bertindak sebagai Pembina Upacara. Pada kesempatan itupun ia secara resmi mengukuhkan sebanyak 29 Pramuka Penegak sebagai anggota baru Saka Bhayangkara Polsek Tanah Miring angkatan ke-III.

Dalam amanatnya pada saat upacara penutupan, Kak Elvis Palpialy, S.Sos menyampaikan kepada para peserta bahwa untuk menjadi seorang Pramuka yang berjiwa bhayangkara, harus dengan ketekunan dan keuletan sebagai seorang pelajar dalam aktivitas akademiknya. Adik-adik peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas dan memiliki banyak keterampilan yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain. Selain itu, adik-adik juga diharapkan cakap akan kebutuhan primer saat ini yakni dalam penggunaan teknologi di era digitalisasi. Dengan semua pencapaian yang diharapkan itu, adik-adik diharapkan akan menjadi salah satu kontributor di lingkungan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakatan untuk upaya ketahanan nasional.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu memberikan pengenalan dan pemahaman akan kegiatan kepramukaan pada bidang kebhayangkaraan. Dewan Saka, Pamong, dan Instruktur Saka pun terlibat aktif untuk memberikan banyak penyampaian materi kepada peserta. Materi kegiatan meliputi: Pengenalan Saka Bhayangkara berdasarkan dasar hukum; Lambang dan atribut; Keanggotaan, hak dan kewajiban; Organisasi Dewan Saka Bhayangkara; Administrasi Saka Bhayangkara; dan Pengenalan Krida (Krida Tibmas, Krida Lantas, Krida TKP, dan Krida PPB). Selain itu, aktivitas lain pada kegiatan tersebut juga dilakukan seperti giat olahraga agar tetap menjaga kesehatan fisik selama kegiatan serta agenda ramah tamah untuk mempererat hubungan emosional antara peserta dan panitia.

Pramuka Penegak yang mengikuti jalannya kegiatan tersebut berasal dari satuan Ambalan Penegak di wilayah Kwartir Ranting Tanah Miring. Yakni dari Ambalan SMAN 1 Tanah Miring dan Ambalan SMKN 5 Merauke. Sebanyak 5 orang berasal dari Ambalan SMAN 1 Tanah Miring dan 24 orang berasal dari SMKN 5 Merauke. Setelah giat Penerimaan Tamu Saka Bhayangkara Polsek Tanah Miring Angkatan Ke-III Tahun 2023, dengan segera anggota baru juga akan diwajibkan dalam giat latihan rutin mingguan di Polsek Tanah Miring.

JURNALIS : ADI PRASETYO - 21024
EDITOR : M. RUSDI - 19016

Posting Komentar

0 Komentar