About Me

header ads

Gudep Pangkalan Penegak SMKN 1 Luwu Timur Gelar Dianpinsat



PramukaNews|Luwu Timur, Sabtu ( 04/11/2022 ) disela sela waktu libur akhir pekan salah satu Gugus Depan pangkalan Pramuka Penegak yang ada di wilayah kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Luwu Timur, yakni Gugus Depan Gerakan Pramuka Luwu Timur yang berpangkalan di SMK 1 Luwu Timur menggelar kegiatan Dianpinsat (Gladian Pimpinan Satuan). Kegiatan ini gelar dengan konsep camp bersama di pelataran halaman sekolah yang berlokasi di Desa Puncak Indah Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. pelaksanaan kegiatan ini digelar selama 3 hari mulai sejak 03 - 05 November 2023.

Dari wawancara tim media PramukaNews melalui sambungan telpon saat menghubungi salah pembina satuan gugus depan gerakan pramuka pangkalan SMKN 1 Luwu Timur yakni kak Hasnawati menyampaikan bahwa tengah berlangsung giat Dianpinsat digugus depan yang dibinanya.

"Iya kak ini kami sementara berjalan kegiatan Gladian Pimpinan Satuan (DIANPINSAT) sejak kemarin (03/11/2023) yang mana kegiatan ini merupakan program kerja Dewan Ambalan kami yang dilaksanakan guna memberikan pelatihan dasar kepemimpinan kepada para pengurus satuan baik Pradana, pimpinan sangga, wakil pimpinan sangga dan beberapa perwakilan kelas yang merupakan calon - calon pengurus ambalan nantinya dengan diikutkannya." ujar kak Hawa sapaan akrab pembina putri digudep tersebut.

Lanjutnya juga mengungkapkan bahwa harapan ataupun goals dari kegiatan ini mampu nantinya para peserta giat mampu secara mandiri melaksanakan giat - giat di ambalan. Karena kita ketahui bersama bahwa pembinaan ditingkat golongan pramuka penegak yakni tugas pembina atau sistem among yang diterapkan adalah Tut Wuri Handayani yakni tugas pembina mendorong giat giat adik - adik binaan kita untuk merencanakan dan melaksanakan agenda program kerja ambalannya sehinggah kita selaku pembina tinggal memberikan pengawasan tanpa pengekangan kepada peserta didik karena pola mekanisme pembinaan pramuka penegak juga sudah jelas yakni " dari penegak, oleh penegak dan untuk penegak itu sendiri dan tetap dibawah bimbingan orang dewasa".

Selain itu berdasarkan informasi dari kak hasnawati juga menyampaikan bahwa giat diikuti kurang lebih 30 peserta dari perwakilan gugus depan yang ada dipangakalan SMKN 1 Luwu Timur.

Jurnalis : Abdul Azis Hafid - 21014
Editor : Jariri Arroah Manda

Posting Komentar

0 Komentar