About Me

header ads

Kontingen Saka Bahari Kwarcab Luwu Timur Siap Mengikuti Pelantara 11

 

PramukaNews|Makassar - Rombongan Saka Bahari Kwarcab Gerakan Pramuka Luwu Timur Minggu kemarin (11/11/2023) tiba di Markas Komando Armada II Lantamal VI di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Rombongan Saka Bahari Gerakan Pramuka Luwu Timur ini diketahui bakalan mengikuti giat Pelayaran Nusantara (PELANTARA) XI Tingkat Nasional Sail Cendrawasih yang tujuan akhir pelayaran yakni Kota Biak Provinsi Papua. Rombongan Bertolak dari Luwu Timur saat menuju Kota Makassar di Pimpin langsung oleh Ketua Mabisaka Bahari Cabang Luwu Timur Yakni Kakak Ledda Yosep Rusuk Dasa yang merupakan Komandan Pos TNI AL Lampia.

Saat dikonfirmasi melalui pesan whatsaap salah satu kontingen Saka Bahari Kwarcab Gerakan Pramuka Luwu Timur Kak Idawia menyampaikan bahwa mereka sudah tiba di Lantamal VI Makassar guna bergabung bersama  kontingen lain yang sudah berapa di sana.

"Iya kak alhamdullah kontingen kami sudah tiba di lokasi Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI Makassar yang mana kami bakalan bergabung bersama kontingen lain yang sudah berada di lokasi terutamanya kontingen Saka Bahari Kwarda Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan," ujar Kak Ida yang merupakan Dewan Saka Putri dari Saka Bahari Cabang Luwu Timur.

Selain itu juga Jurnalis PramukaNews mewawancari langsung Kakak Waka Pinsaka Bahari Kwarcab Gerakan Pramuka Luwu Timur bidang Humas Dan informasi kak Andi Zulkarnain menyampaikan bahwa kontingen Saka Bahari yang di kirim dari luwu timur berjumlah 8 orang sesuai laporan dari Pamong Saka Bahari yang direkomendasikan mengikuti PELANTARA XI tersebut.

"Iya kak kami dari Saka Bahari Kwarcab Luwu Timur Sesuai Surat keputusan Kakak Ketua Pinsaka Bahari Cabang Luwu Timur dan Surat Rekomendasi mengikuti kegiatan dari Kakak Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Luwu Timur peserta yang kami kirim guna mengikuti giat PELANTARA XI ini berjumlah 8 orang dengan komposisi 4 putra dan 4 putri. Dari 8 orang ini terdiri dari 1 orang Dewan Saka, 3 orang anggota Dewan Saka dan 4 orang merupakan Tamu Saka yang sudah melewati proses diklat ruang serta pemantapan persiapan Diklat Lapangan sesuai laporan pengajuan peserta dari Pamong Saka Kami." ujar Kakak Andi Zulkarnain Saat ditemui beberapa waktu lalu di Sanggar Bakti kwarcab Luwu Timur.

Lanjutnya lagi Kak Zulkarnain menuturkan bahwa kegiatan ini dalam segi pembiayaan anggaran dan akomodasi serta perlengkapan peserta mengikuti kegiatan tidak kita bebankan sepenuhnya kepada peserta kami.

"Selain itu kak dari segi anggaran dalam pemberangkatan mengikuti giat ini kami tidak sepenuhnya membebani peserta kami  dari Saka Bahari Luwu Timur dengan tetap semua pengurus mulai dari Ketua Mabisaka, Ketua Pinsaka serta pengurus bahu membahu menyiapkan anggaran karena pada dasar kita sebagai pengurus bukan hanya sedekar menyiapkan peserta tapi kita juga harus mampu menyiapkan anggaran guna pembinaan tetap berjalan sebagai mana  yang tertera pada Jukran Kwartir Nasional (Nomor 003 Tahun 2021) Tentang  Satuan Karya Pramuka yang mana didalam tertera tugas fungsi kita selaku pengurus baik Mabisaka dan Pinsaka." lanjut kak Andi Zulkarnain.

Selain itu diketahui bahwa salah satu peserta dari Luwu Timur ditunjuk menjadi Pimpinan Kontingen Daerah (PINKONDA) Sulawesi Selatan untuk giat PELANTARA XI dari Kwarda Gerakan Pramuka Sulsel dalam hal ini Dewan Kerja Daerah Sulawesi Selatan yakni Kak Ida yang merupakan Dewan Saka Putri dari Luwu Timur dan juga dia merupakan salah satu pengurus Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Luwu Timur.


Jurnalis : Abdul Azis Hafid - 21014

Editor : Jariri Arroah Manda - 19045

Posting Komentar

0 Komentar