About Me

header ads

Memperingati 9 Tahun PramukaNews

PramukaNews merupakan salah satu Media Pramuka Online yang mulai didirikan sejak tanggal 10 November 2014 silam. Dengan mengusung Tagline "Portal Informasi Pramuka Indonesia" , PramukaNews berupaya menjadi media yang ikut mempublikasikan berbagai informasi terkait kegiatan Kepramukaan dari seluruh penjuru negeri. 

PramukaNews pertama kali hadir dengan domain www.pramukanews.com . Domain tersebut kemudian berganti menjadi menjadi www.pramukanews.id pada tahun 2021. Namun karena sesuatu dan lain hal, ditahun 2023 PramukaNews resmi menggunakan domain www.pramuka.news.

Tujuan didirikannya PramukaNews adalah : 
1. Menyebarkan informasi "positif" tentang Kepramukaan baik kepada Insan Pramuka maupun kepada masyarakat luas.
2. Menjadi wadah belajar tentang dunia Jurnalistik bagi segenap Insan Pramuka.

Dalam perjalanannya, PramukaNews pernah menjadi bagian dari Tim Relawan Media Sosial pada event akbar Jambore Nasional Ke-X tahun 2016  di Buperta Cibubur Jakarta. Bersama beberapa Media Pramuka lainnya, PramukaNews menyebarluaskan informasi dan dokumentasi kegiatan Jamnas X melalui media sosial yang dimiliki. 

Pada Agustus 2023 lalu, PramukaNews juga dipercaya untuk ikut menjadi bagian dari Penyelenggaraan Raimuna Nasional XII yang juga diadakan di Cibubur Jakarta.

Hingga saat ini, PramukaNews selalu konsisten untuk menjadi Media Partner bagi penyelengara event kepramukaan mulai dari event dengan skala Gugus Depan hingga skala nasional. 

Selain di website www.pramuka.news, saat ini PramukaNews juga aktif di beberapa Media Sosial diantaranya :
Website : https://www.pramuka.news
Facebook : https://www.facebook.com/PramukaNewss
FansPage : https://www.facebook.com/PramukaNews
Instagram : https://instagram.com/pramukanews
Twitter : https://twitter.com/pramukanews
E-Mail : redaksipramukanews@gmail.com
Tiktok : https://www.tiktok.com/@pramukanews
YouTube : https://youtube.com/@pramukanewstv2170


Sebagai wadah belajar jurnalistik, PramukaNews juga memiliki struktur organisasi layaknya media jurnalistik lainnya. Struktur organisasi PramukaNews terdiri dari :
- Pemimpin Umum
- Pemimpin Redaksi
- Redaktur Pelaksana
- Editor
- Jurnalis
- Koordinator Tim ICT
- Tim ICT

Untuk dapat terus mengupdate informasi Kepramukaan dari berbagai wilayah, PramukaNews beberapa kali merekrut Jurnalis dengan mengadakan Open Recruitment yang bisa diikuti oleh anggota Pramuka dari masing-masing wilayah. Jurnalis-jurnalis inilah yang nantinya akan memberitakan kegiatan Kepramukaan dari daerah asalnya. Recruitment Jurnalis dilakukan secara berkala oleh panitia yang ditugaskan oleh redaksi. Informasi, syarat dan ketentuan Recruitment disampaikan melalui media sosial PramukaNews.

Ditahun 2023 ini, PramukaNews genap berusia 9 Tahun. Kita semua tentu berharap, kedepannya PramukaNews dapat menjadi lebih baik lagi dan semakin terdepan dalam menjadi "Portal Informasi Pramuka Indonesia".

Dirgahayu PramukaNews !

Posting Komentar

0 Komentar