About Me

header ads

Menjelang Akhir Semester, Pangkalan SMP IT Wahdah Islamiyah Belopa Melaksanakan Hiking

 

PramukaNews|Luwu - Menjelang akhir semester, Gerakan Pramuka Gudep 05.047 Pangkalan SMP IT Wahdah Islamiyah Belopa mengadakan kegiatan hiking, pada Minggu (26/11/2023).

Pembina Pramuka Gudep 05.047 Pangkalan  SMP IT Wahdah Islamiyah Belopa, Kak Ismail mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa dan berharap bisa menumbuhkan karakter siswa yang mandiri, bertanggung jawab, terampil dalam berbagai kegiatan serta dapat memotivasi anggota pramuka lainya.

Lebih jauh Kak Ismail menyampaikan, siswa yang mengikuti kegiatan Hiking ini dibutuhkan daya juang yang tinggi, fisik yang prima, Keterampilan, kecermatan dan tentunya mental yang kuat, karena Hiking terapi alam ini merupakan momen mengenalkan alam pada siswa tentang pemahaman fungsi dan manfaat alam. Selain itu kegiatan ini bukan sekedar berjalan kaki saja namun ada yang dapat dipetik hikmahnya, karena terdapat tantangan-tantangan yang harus dilalui oleh peserta.

Selama Hiking berlangsung peserta dibekali, baik yang berkaitan dengan binatang ataupun tumbuh-tumbuhan yang ditemukan sepanjang perjalanan, hal tersebut untuk menambah wawasan, pengetahuan tentang pentingnya kita bersahabat dengan alam. "Manfaat Hiking itu diantaranya adalah meningkatkan keterampilan, ketahanan mental, menambah wawasan, jiwa dan raga yang sehat dan juga mendapatakan kesenangan,"kata Kak Ismail.

Panitia pelaksana Muh. Khoirul Azzam menuturkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 34 orang peserta dan 19 orang panitia yang tergabung dalam 4 regu dan sedikitnya ada 4 pos yang harus dilewati setiap regu, setiap pos terdiri dari beberapa materi yang harus diterima yakni Pos 1 PBB, Pos 2 Sandi dan Morse, Pos 3 Kode Kehormatan dan Pos 4 Materi Dasar Kepramukaan.

Dalam kegiatan hiking kali ini juga diadakan beberapa kegiatan permainan yang menarik sehingga setiap siswa mengikutinya dengan serius dan semangat, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri, bela negara, cinta tanah air dan penumbuhan karakter disiplin dalam segala situasi, tentunya kita berharap semua Siswa yang telah mengikuti kegiatan ini bisa mengamalkan nilai-nilai Kepramukaan yang terkandung dalam sumpah dan janji Pramuka yaitu, Tri Satya dan Dasa Darma.

"Agar kami bisa terbina menjadi generasi milenial yang siap menghadapi masa depan dan sesuai dengan program pemerintah yaitu mewujudkan  SDM Unggul Indonesia Maju,"Ungkap Muh. Khoirul Azzam. Sementara itu, para Siswa yang mengikuti kegiatan Hiking ini seperti Ainur Rofiq, Muh. Fitrah, Muh. Rizky, Al Fairus Ibrahim dan Farhan Ahmad mengatakan, kegiatan ini sangat menyenangkan, belajar sambil bermain, menambah wawasan, keterampilan, ketangkasan dan mempererat jiwa korsa sesama anggota pramuka, kegiatan Hiking ini sangat seru dan menyenangkan tentunya kami ingin kedepan bisa dilaksanakan kegiatan seperti ini lagi,"kata Farhan Ahmad bersama teman-temanya.

Jurnalis : Ade Ismail - 21021

Editor : M. Rusdi - 19016

Posting Komentar

0 Komentar