About Me

header ads

Saka Bhayangkara Polsek Gringsing, Polres Batang Sukses Gelar Kegiatan Pengambilan Badge Saka Tahun 2023.

 

PramukaNews | Batang - Dalam upaya meningkatkan kualitas dan semangat di bidang Kebhayangkaraan. Saka Bhayangkara Polsek Gringsing, Polres Batang mengadakan kegiatan Pengambilan Badge Saka (PBS) Bhayangkara. Acara ini diikuti oleh para Penegak dan Pandega yang berpangkalan di wilayah Kwarran Gringsing dan sekitarnya. Badge Saka Bhayangkara merupakan tanda pengenal bagi para anggota yang telah dilantik dan disahkan setelah melalui rangkaian kegiatan Pengambilan Badge Saka Bhayangkara ini.

Dalam acara PBS ini, peserta mendapatkan pengetahuan dan kecakapan sebagai anggota Satuan Karya (Saka) Bhayangkara sesuai Kridanya. Kegiatan ini di laksanakan pada Sabtu – Minggu, (11-12/11/2023) dengan di awali upacara pembukaan pada pukul 14.00 WIB. Para peserta juga mendengarkan amanat inspiratif yang menekankan pentingnya kedisiplinan, semangat kebersamaan dan pantang menyerah yang disampaikan pada upacara pembukaan kegiatan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tentang tugas pokok dan fungsi kepolisian yang diisi langsung oleh Pamong Saka Bhayangkara Polsek Gringsing, yaitu Kak Aiptu Kafruddin yang menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Gringsing.

Selain materi tentang kepolisian, kegiatan ini juga mencakup berbagai materi seperti lalu lintas, ketertiban masyarakat, teknik pertolongan pertama dan survival. Disamping materi adapula acara jumpa tokoh dengan alumni Saka Bhayangkara angkatan sebelumnya. Dengan adanya jumpa tokoh tersebut, anggota mendapatkan pesan dan motivasi dari para senior atau alumni serta berdiskusi tentang peran Saka Bhayangkara dalam mendukung keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kegiatan Pengambilan Badge Saka ini bukan hanya sekedar upacara dan kegiatan formal, tapi juga merupakan momen bersejarah bagi setiap anggota. Melalui proses ini, mereka tidak hanya mendapatkan penghargaan, tetapi juga membangun karakter kepemimpinan, kejujuran, dan tanggung jawab. Yang merupakan nilai inti dari Saka Bhayangkara seperti semboyan Saka Bhayangkara yaitu “Bhayangkara Baja!” yang bermakna bahwa setiap anggota Saka Bhayangkara memiliki pribadi yang tangguh dan pantang menyerah,” ujar Kak Afifudin sebagai ketua Dewan Saka Bhayangkara Polsek Gringsing, Polres Batang.

Acara berlangsung dengan penuh semangat dan antusias dari para peserta dan panitia. Suasana tersebut merupakan bentuk motivasi generasi muda untuk terus ikut serta membangun masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan Saka Bhayangkara dapat terus menjadi wadah untuk para pemuda yang senantiasa berkarya dalam bidang kebhayangkaraan. Serta menjadi tempat untuk menempa diri menjadi karakter yang disiplin, berani dan setia kepada masyarakat, bangsa dan negara.


Jurnalis : Muhammad Miftalik - 21007

Editor : Jariri Arroah Manda - 19045

Posting Komentar

0 Komentar