About Me

header ads

Saka SAR Kwarcab Merauke Laksanakan Penerimaan Tamu Saka Ke-II Tahun 2023

 

PramukaNews | Merauke – Satuan Karya SAR Kwartir Cabang Merauke menyelenggarakan kegiatan Penerimaan Tamu Saka (PTS) Tahun 2023. Kegiatan berlangsung sejak tanggal (17-19/11/2023) bertempat di Kantor SAR Merauke, Jl. Laksamana RE Martadinata, Kab. Merauke, Prov. Papua Selatan. Pada upacara pembukaan kegiatan dihadiri langsung oleh Kakak Alman S. Imbiri, S.E., M.M selaku Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya SAR yang juga berperan sebagai pembina upacara sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta sebanyak 29 orang terdiri dari 7 orang putra dan 21 orang putri.

Kegiatan Penerimaan Tamu Saka SAR Ke-II Tahun 2023 yang disampaikan oleh Kakak Rudi Muhammad Sofyan, S.Sos atau kerap disapa Kak Rudi selaku Pamong Saka adalah bertujuan untuk memberikan pembinaan bagi anggota Pramuka yang berminat mengembangkan diri dalam aktivitas SAR (Search and Rescue). “Selain itu, tujuan dari Penerimaan Tamu Saka SAR adalah untuk memberikan pembinaan agar anggota Pramuka dapat menjadi sosok professional dalam hal Search and Rescue”. Ucap kak Rudi. Adapun disampaikan pula bahwa pembinaan di Saka SAR sudah berdasarkan program dari pusat. Sehingga bagi kantor SAR di tiap-tiap daerah mestinya sudah harus memiliki atau membawahi satuan organisasi Gerakan Pramuka yakni Saka SAR.

Jelas bahwa anggota Pramuka Saka SAR akan dididik, dilatih, ataupun dibina untuk dapat memberikan pertolongan. Untuk itu, program-program dalam upaya pembinaan setelah giat PTS nantinya adalah pembinaan yang didasarkan pada pembagian Krida (satuan terkecil) dalam Saka. Krida itu diantaranya adalah Krida Manajemen SAR, Krida Pencarian dan Pertolongan, dan Krida Pendukung SAR. Adapun dalam waktu dekat ini akan ada kegiatan Jambore SAR Nasional, yang juga akan memberikan kesempatan atas keterwakilan anggota Pramuka Saka SAR Kwarcab Merauke untuk mengikuti kegiatan tersebut sebagai momentum untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, pengetahuan, wawasan dan lain-lain.

Kak Rusdi juga menyampaikan bahwa fasilitas yang begitu cukup tersedia di kantor SAR Merauke dianggap sangat mampu untuk membuahkan hasil dari pembinaan anggota Pramuka Saka SAR. Walaupun Saka SAR di Kwarcab Merauke baru aktif berada selama 2 tahun. Dengan fasilitas yang lengkap serta para instruktur yang terlatih di bidangnya masing-masing, kedepan harapannya anggota Pramuka Saka SAR juga dapat dilibatkan dalam kegiatan operasi SAR sebagai bentuk kontribusi mereka dalam aksi nyata dalam pencarian maupun pertolongan. Dan output itu diharapkan menjadi daya tarik bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega lainnya di Kwarcab Merauke agar selalu tumbuh keinginan untuk mengembangkan potensi diri terlebih dalam hal potensi SAR.

JURNALIS : ADI PRASETYO – 21024

EDITOR : M. RUSDI - 19016

Posting Komentar

0 Komentar