About Me

header ads

Upacara Pembukaan Pertikawan Regional Kalimantan 2023


 PramukaNews | Banjarbaru - Telah dilaksanakan upacara pembukaan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Nasional (Pertikawan) Regional Kalimantan 2023 di bumi perkemahan Kiram Park Kabupaten Banjarbaru kamis,(09/11/23).

Acara yang dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan  Kak Sahbirin Noor sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwarda Kalimantan Selatan ini juga dihadiri oleh Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) KLHK (Hanif Faisol Nurofiq), Forkopimda Kalimantan Selatan, Sekretaris Daerah Prov. Kalsel, Ketua Kwarda Kalsel, para Pejabat Tinggi KLHK beserta UPT, Kepala P3E Kalimantan, para Pejabat Tinggi Gerakan Pramuka Nasional, Daerah dan Cabang serta segenap Dinas/Instansi yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan Pertikawan Regional Kalimantan Tahun 2023.

Acara Pertikawan regional Kalimantan ini diikuti oleh sebanyak 687 peserta didik Penegak/Pandega dari seluruh Kwartir Daerah (Kwarda) di Kalimantan, berlangsung sejak tanggal 8 sampai dengan tanggal 12 November 2023 peserta dari Regional Kalimantan bertujuan untuk mewujudkan generasi muda yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup serta turut berpartisipasi aktif melestarikan hutan.

Sebagaimana disampaikan Bambang Hendroyono, Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) selaku Ketua Pimpinan Saka Wanabakti dan Kalpataru Tingkat Nasional yang diwakili Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, Hanif Faisol Nurofiq, pada pembukaan acara di Kiram Park bahwa Gerakan Pramuka, sebagai sebuah komunitas yang sangat terstruktur dan memiliki jejaring yang luas diharapkan dapat berperan dalam pengelolaan hutan dan lingkungan yang lebih baik.

Dalam amanatnya, Gubernur kalsel yang juga ketua Mabida kalsel menyampaikan bahwa kegiatan bakti saka kalpataru dan saka wanabakti merupakan wadahyang strategis untuk melakukan pembinaan generasi muda di bidang lingkungan dan kehutanan. “semangat pramuka harus selalu yang terdepan dan teladan bagi generasi muda lainya,karena pramuka itu adalah praja muda karana yang artinya jiwa muda yang suka berkarya ucap Kak Sahbirin noor.

Pertikawan Regional Kalimantan tahun 2023 mengangkat motto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”  mengusung tema “ aksi bersama untuk lingkungan yang berkelanjutan dan hutan lestasri fdengan selogan pertikawan ‘ULIN’ Unggul Lestari dan Inspiratif.


JURNALIS : SURATNO-19033

Posting Komentar

0 Komentar