About Me

header ads

Saka Kalpataru Kwarcab Sawahlunto Berperan Aktif Di Kegiatan HMPI 2023


PramukaNews | Kota Sawahlunto -  Anggota Satuan Karya (Saka) Kalpataru Kwarcab 11 Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto ikut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh 16 orang anggota Pramuka Saka Kalpataru yang digelar di Taman Silo Ombilin Saringan Kota Sawahlunto, Jumat (29/12/2023).

Pamong Saka Kalpataru Kwarcab 11 Kota Sawahlunto kak Adrian mengungkapkan Saka Kalpataru adalah salah satu Satuan Karya Pramuka  di Gerakan Pramuka yang khusus bergerak dalam bidang lingkungan hidup dan sudah seharusnya mereka terlibat dimomen HMPI.

"Saka Kalpataru merupakan Satuan Karya yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan sudah seharusnya ikut dalam kegiatan ini" ungkap kak Adrian.

Lebih lanjut kakak yang aktif dalam kegiatan Kepramukaan ini menuturkan “ Ada 3 Krida dalam Saka Kalpataru, yakni Krida 3R ( Reduce, Reuse dan Recycle), Krida Perubahan Iklim dan Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati. Dan menanam pohon adalah termasuk dalam pelaksanaan krida yang sangat tepat implementasinya” urai kak Adrian.

Pada kegiatan HMPI kota Sawahlunto  tersebut,  PT Bukit Asam Ombilin juga menyerahkan bibit pohon buah produktif. Bibit yang terdiri dari 100 bibit pohon Flamboyan, 2.750 bibit Alpukat, 750 bibit Nangka dan 750 bibit Durian diserahkan secara simbolis oleh General Manager PT Bukit Asam UP Ombilin kak Yulfaizon disaksikan Pj Wali Kota Sawahlunto kak Zefnihan.

Pada kegiatan itu, Wali Kota Sawahlunto Kak Zefnihan, GM PT Bukit Asam kak Yulfaizon, Pimpinan Bank Nagari Sawahlunto kak Rusdi dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto, kak Henny Purwaningsih melakukan penanaman pohon flamboyan di areal Silo Ombilin Saringan.

“ bantuan bibit tanaman dan pohon buah produktif ini bentuk kontribusi dan tanggung jawab sosial perusahaan CSR dalam menjaga lingkungan dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya,” tutur kak Yulfaizon.

Masih pada kegiatan HMPI, juga dilakukan penyerahan bibit kepada 11 Desa dan 2 Kelurahan yang ada dikota warisan budaya UNESCO ini dan untuk bibit pohon flamboyan diserahkan kepada dinas Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup agar dapat ditanam.

“ PT Bukit Asam akan senantiasa berkolaborasi dalam menyalurkan CSR bagi kota ini. Setidaknya tahun ini sudah Rp1,5 miliar disalurkan dana bagi masyarakat kota ini dengan berbagai jenis, bidang seperti pendidikan, pertanian, UMKM dan lainnya,” ucap kak Yulfaizon.

Pj Wako kak Zefnihan juga menyebut, kegiatan menanaman pohon ini merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat dan bernilai dalam bentuk berkontribusi menyelamatkan lingkungan demi keberlangsungan bumi untuk masa depan generasi penerus.

“Jangan hanya sekedar menanam saja, tapi tanggungjawab kita bersama untuk merawat dan memeliharanya, sehingga apa yang ditanam itu bermanfaat dan berdampak positif bagi lingkungan dan juga kita yang ada didalamnya,” ungkap Kak Zefnihan.

Pada kegiatan tersebut, Kabid LH DPKP2LH Kota Sawahlunto kak Heantomas menuturkan bahwa penanaman pohon disekitar kawasan Silo diharapkan dapat berkontribusi nantinya dalam mengurangi polusi udara dan menyegar udara disekitar.

“ terima kasih kepada adik-adik Saka Kalpataru yang telah berpartipasi aktif pada kegiatan HMPI dan juga dapat berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dan kebersihan kota ini “  ucap kak Heantomas.

Lebih jauh Heantomas yang juga Pimpinan Pramuka Saka Kalpataru Kwarcab 11 Kota Sawahlunto itu  menjelaskan "meski indeks kualitas udara di Sawahlunto dalam kategori baik, namun dengan ditambahnya tanaman pohon pelindung yang ditanam hari ini, akan membuat semakin baik dan nyama udara dikota ini" tutup kakak Heantomas.


Jurnalis : Jariri Arroah Manda - 19045

Posting Komentar

0 Komentar