About Me

header ads

Pembukaan Kemah Baden Powell's Day Tingkat Penegak Se-Bosowa Tahun 2024


PramukaNews | Wajo - Gugus Depan 14.033-14.030 Racana Istitut Agama Islam (IAI) As'adiyah Sengkang melaksanakan Pembukaan Kemah Baden Powell's Day Tingkat Pramuka Penegak Se-Bosowa (Bone, Soppeng, Wajo) Tahun 2024 di Bumi Perkemahan Lempa Lamaddukelleng Islamic Center, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo Kamis, (22/02/2024).

Dari laporan Kak Wahyu selaku Ketua panitia menyampaikan "Nama kegiatan ini adalah Kemah Baden Powell's Day Tingkat Penegak Se-Bosowa Tahun 2024. Penyelenggara dalam kegiatan ini adalah Gerakan Pramuka Gugus Depan 14.033-14.030 Dewan Racana KH. Muh. As'ad-Khaerunnisai IAI As'adiyah Sengkang. Waktu pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal (22-25/02/2024) di Bumi Perkemahan Lempa Lamaddukelleng Islamic Center, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo. Adapun sistem dalam kegiatan ini adalah full camp yaitu kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem perkemahan dengan tema "Membangun silaturahmi generasi muda yang berbakti, berbudaya, dan berkarya. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sekitar 224 orang dari 17 pangkalan dengan rincian 119 peserta putra dan 105 peserta putri."

Acara ini dihadiri oleh perwakilan camat Pammana selaku Kamabiran, Pengurus Kwarcab Wajo, Anggota Polres Wajo, Anggota Polsek Pammana, Danramil Pammana, Pengurus DKC Wajo, Rektor IAI As'adiyah Sengkang selaku Kamabigus, Pembina Racana IAI As'adiyah Sengkang, Pengurus Racana IAI As'adiyah Sengkang, Pengurus Organisasi yang ada di IAI As'adiyah Sengkang, para Pembina Gugus Depan dan peserta Kemah Baden Powell's Day Tingkat Penegak Se-Bosowa Tahun 2024.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kak Hardiati Sanusi, S.Pd selaku Anggota Bina Muda Kwarcab Wajo. Dalam sambutannya Kak Hardiati Sanusi, S.Pd menyampaikan "Pada Kemah Baden Powell’s Day Tingkat Penegak SMA/SMK/MA/ Se-BOSOWA (Bone, Soppeng, Wajo) Tahun 2024 ini, tentulah ada hal-hal yang ingin dicapai. Selain untuk menambah wawasan dan pengalaman bagi Pramuka Penegak agar semakin berkembang seiring perkembangan teknologi dalam bingkai Merdeka Belajar sesuai dengan tuntutan Kurikulum Pendidikan dimasa sekarang. Juga Pramuka Penegak dituntut untuk bisa mandiri dalam melaksanakan kegiatan baik di lingkungan Keluarga, lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Hari Baden-Powell diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 22 Februari, tidak terkecuali di negara kita. Jutaan anggota pramuka di seluruh dunia berkumpul untuk memperingati Hari Baden-Powell. Bahkan, kemeriahan peringatan Hari Baden-Powell di Indonesia dirayakan dari ujung Barat sampai ujung Timur.

Pada peringatan hari lahir Bapak Pandu Sedunia, Lord Baden-Powell tahun ini, marilah kita bersyukur karena telah dapat melaksanakan kegiatan tatap muka secara langsung, yang sebelumnya sempat terkendala karena situasi kondisi pandemi Covid-19. 


Kami dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo tentunya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena ini mengingatkan kembali mengenai lahirnya gerakan kepanduan atau kepramukaan yang digagas oleh Baden-Powell. Dari berbagai pengalamannya, Baden-Powell melihat bahwa semua umat manusia sebenarnya membutuhkan dunia yang damai, di mana setiap warga dunia saling menghormati satu sama lain, tolong menolong dan maju bersama. Semua itu dapat terwujud apabila sejak usia dini, anak-anak dibekali dengan pendidikan karakter yang baik.

Oleh karena itu, pada Kemah Baden Powell’s Day Tingkat Penegak SMA/SMK/MA/ Se-BOSOWA (Bone, Soppeng, Wajo) Tahun 2024 ini marilah kita terus memantapkan tekad untuk selalu siap sedia, bergotong-royong membantu menciptakan dunia yang lebih baik. Semoga upaya yang kita lakukan ini senantiasa mendapatkan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tentunya harapan kami dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo, marilah kita jaga marwah hidup dan meneladani sifat dan karakter Lord Baden Powell, menjaga kekompakan, menjalin silaturrahmi dan saling bertukar pikiran untuk menjadi pemuda-pemuda handal di masa kini dan menjadi pemimpin yang unggul di masa yang akan datang." ucap beliau.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari pemenang Kemah Baden Powell's Day Tingkat Penegak Se-Bosowa Tahun 2023 yaitu MAN 1 Bone ke Rektor IAI As'adiyah Sengkang selaku Kamabigus IAI As'adiyah Sengkang.

Adapun lomba dan kegiatan selama Kemah Baden Powell's Day Tingkat Penegak Se-Bosowa Tahun 2024 yaitu video dokumenter, tapak tenda, jelajah alam, desain grafis, parade semaphore, kesenian, lomba tata boga, dan kegiatan tambahan lainnya.


Jurnalis : Sari Maharani Karim 21029

Editor : Jariri Arroah Manda

Posting Komentar

0 Komentar