About Me

header ads

Upaya Penanaman Sikap Sadar Akan Kebersihan Lingkungan Pada Anggota Saka Bhayangkara Polsek Gringsing


PramukaNews | Batang - Saka Bhayangkara adalah wadah Pendidikan guna menyalurkan minat dan mengembangkan bakat serta pengalaman para pramuka penegak dan pandega dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kebhayangkaraan, sehingga mereka menjadi anggota masyarakat yang baik, peduli terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), baik lokal, nasional, maupun internasional. Saka Bhayangkara adalah Satuan Karya yang berada di bawah pembinaan Kepolisian Negara Republik Indonesia, disamping itu Saka Bhayangkara merupakan Saka terbesar dan paling berkembang di Indonesia. Hal ini Karena Saka Bhayangkara dapat dibentuk di hampir seluruh wilayah Kwartir di Indonesia, tidak terbatas pada suatu sumber daya atau kondisi alam.

Gerakan Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Gringsing, Polres Batang, Polda Jawa Tengah telah melaksanakan kegiatan latihan rutin dan dilanjut gotong royong di area Polsek Gringsing, tepatnya di desa Mentosari pada Minggu, (10/02/2024). Saka Bhayangkara Polsek Gringsing menginisiasi untuk melakukan pembersihan sampah di sekitar area Polsek Gringsing. Peserta yang berpartisipasi mengikuti kegiatan gotong royong ini berjumlah 24 orang yaitu 20 anggota dan 4 anggota Dewan Saka Bhayangkara Polsek Gringsing. 

Pada kesempatan ini, ketua Saka Bhayangkara Polsek Gringsing Kak M. Afifudin mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah ajang penanaman karakter dan tanggung jawab setiap anggota Saka Bhayangkara sehingga harapannya setiap anggota dapat menerapkan sikap tersebut terutama di lingkungan masyarakat, "Kegiatan gotong royong ini rencananya akan saya adakan dengan minimal satu kali setiap bulannya agar anggota Saka Bhayangkara terbiasa bergaya hidup sehat dan sebagai bentuk tanggung jawab atas kebersihan lingkungan terutama di area Polsek Gringsing," ujarnya. 

Berpijak pada hal tersebut, manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini yaitu menumbuhkan rasa kesadaran akan pentingnya kebersihan pada lingkungan dan juga untuk mempererat kerjasama dan gotong royong serta menjaga tali persaudaraan antar anggota dengan Dewan Saka. Pembiasaan sikap ini juga sangat berpengaruh agar seluruh anggota dapat membiasakan sikap tersebut terutama di lingkungan masyarakat. 

Kegiatan gotong royong ini dimulai dari sanggar Bhayangkara sampai dengan halaman kantor Polsek Gringsing. Peserta yang hadir sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. "Alhamdulillah Kegiatan berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala apapun, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan dan menambah kekompakan seluruh anggota Saka Bhayangkara Polsek Gringsing." Ujar Kak M. Afifudin sebagai Ketua Saka Bhayangkara Polsek Gringsing.


Jurnalis : Muhammad Miftalik - 21007

Editor : Jariri Arroah Manda - 19045

Posting Komentar

0 Komentar