About Me

header ads

Keterlibatan Ubaloka dalam Pelatihan Pertolongan Pertama dengan Basarnas


PramukaNews I Pekalongan – Unit Bantu Pertolongan Pramuka ( Ubaloka ) Kota Pekalongan terlibat dalam Pelatihan Pertolongan Pertama dengan mengirimkan dua personilnya yang mempunyai minat dan bakat dalam hal pertolongan pertama, pencarian serta penyelamatan. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Pertama Kelas A Kota Semarang. Minggu (03/03/2024)

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Nur Priantomo selaku Sekretaris Daerah Kota Pekalongan. Turut hadir mendampingi, Budiono, SE.,MM selalu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kota Semarang.

Dalam arahannya, Budiono, SE.,MM selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kota Semarang mengungkapkan bahwa kegiatan ini diperuntukkan untuk pertolongan dan potensi pencarian serta Penyelamatan (SAR). Salah satu tujuannya adalah agar para peserta memiliki keterampilan dan kompetensi dalam memberikan pertolongan pertama yang dapat digunakan dalam pelaksanaan operasi SAR nantinya.


Tujuan lainnya adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan medis dasar (Medical First Responder) tentang pertolongan pertama bagi relawan potensi SAR guna meningkatkan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat dan melatih para relawan mampu melakukan pencarian dan evakuasi secara cepat, tepat, dan terarah saat bertugas.

Salah satu rangkaian kegiatan utama adalah pemberian materi dan terkait tentang pengantar pertolongan pertama dan anatomi, penilaian dan pemeriksaan korban, pemindahan korban, sumbatan jalan nafas, bantuan hidup dasar dan resusitasi jantung paru, penanganan korban luka bakar dan kegawatdaruratan lingkungan, hingga terapi oksigen.

Berbeda halnya yang diungkapkan oleh Nur Priantomo selaku Sekretaris Daerah Kota Pekalongan bahwa diharapkan dalam kegiatan ini para peserta tidak hanya mendapatkan materi dan teori di ruang kelas. Akan tetapi, peserta diharapakan dapat praktik langsung dalam bentuk simulasi kejadian saat keadaan darurat maupun operasi SAR.

"Kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan layanan pertolongan pertama kepada masyarakat baik saat keadaan darurat maupun bencana alam. Semangat kebersamaan dalam acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan kemanusian" ungkap Nur Priantomo selaku Sekretaris Daerah Kota Pekalongan.


Tidak hanya itu, suasana kegiatan semakin meriah dengan antusias nya para peserta mengikuti pelatihan ini. Mereka sangat bersyukur karena dengan mengikuti materi Pelatihan Pertolongan Pertama ( MFR ) ini tentu sangat berguna saat kegiatan sehari hari saat menjadi rescuer.

Pelatihan kali ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan dari perwakilan relawan Potensi SAR Kota Pekalongan dan sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 s.d 9 Maret 2024.

Jurnalis: Muhammad Rosif Al Khikam - 24115
Editor: Satria Jaya - 21009

Posting Komentar

0 Komentar