About Me

header ads

Latihan Rutin Saka Dirgantara Kwarcab Kota Balikpapan


PramukaNews I Balikpapan - Saka Dirgantara Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Balikpapan yang berpangkalan di Pangkalan TNI Angkatan Udara Dhomber menyelenggarakan latihan rutin bagi calon anggota Saka Dirgantara, Minggu (17/03/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Lanud Dhomber AURI. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekertaris Pimpinan Saka Daerah, Pengurus Cabang Saka, Pamong Saka, Pengurus Dewan Saka, dan para calon anggota Saka.  

Latihan rutin ini bertujuan agar calon anggota Saka Dirgantara dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman tentang Kesakaan khususnya Saka Dirgantara. Latihan rutin ini dimulai dengan pengenalan mengenai Saka Dirgantara yang disampaikan oleh Kak Sabaruddin Rego, S.Pd selaku Sekertaris Pimpinan Saka Dirgantara Tingkat Daerah Kalimantan Timur baik itu tentang pengertian Satuan Karya/ Saka, sejarah terbentuknya Saka Dirgantara, arti kiasan lambang Saka Dirgantara, hingga Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Saka Dirgantara. 


Selain itu, kegiatan ini juga memperkenalkan salah satu krida yang ada di Saka Dirgantara yakni Krida Olahraga Dirgantara. Pengenalan Krida Olahraga Dirgantara disampaikan oleh Kak Wusono Adi Himawan. Beliau mengenalkan bahwa Kegiatan olahraga dirgantara diantaranya olahraga paralayang serta alat-alat yang biasa digunakan di olahraga paralayang seperti parasut dan lain-lainnya. Beliau juga memperlihatkan video terkait olahraga paralayang. 

Selain Paralayang, olahraga dirgantara yang diperkenalkan adalah Olahraga Aeromodelling yang disampaikan oleh kak Rachmad Subekhie. Ada berbagai klasifikasi pesawat menurut di olahraga Aeromodelling berdasarkan World Air Sport Federation yaitu kelas F1 (Free Flight), kelas F2 (Control Line), kelas F3 (Radio Control), kelas F4 (Scale Model) hingga kelas F5 (Electric Model). Dilanjutkan dengan materi Pengenalan Drone yang disampaikan oleh Kak Dewa Puspa Negara, mulai dari bagian-bagian drone hingga tata cara menerbangkan drone. 

Materi selanjutnya yang tidak kalah seru yakni Materi Olahraga Paramotor yang disampaikan oleh Kak Merdiansyah. Beliau menjelaskan tentang cara ground handling, alat yang digunakan pada olahraga jenis ini. Selain itu, Kak Merdiansyah juga membagikan pengalamannya dari awal belajar paramotor hingga menjadi atlet paramotor secara singkat.

“Seluruh kegiatan ini berjalan dengan seru, la dan terkendali. Para calon anggota saka juga terlihat antusias dengan kegiatan latihan rutin perdana ini. Latihan rutin ini Insya Allah akan dilaksanakan selama bulan Ramadan. Harapannya pada latihan rutin ini akan lebih menambah minat calon anggota dalam krida olahraga. Selain itu, kami dari Dewan Saka Dirgantara sendiri akan selalu memikirkan cara agar kegiatan latihan rutin ini terus terasa menyenangkan bagi calon anggota baru Saka Dirgantara sehingga  mereka semangat untuk mengikuti latihan rutin ini dan mempersiapkan diri menuju Perkemahan Antar Satuan Karya/Peran Saka yang akan di gelar di masa mendatang” Ungkap Kak Prily selaku ketua Dewan Saka Dirgantara Kwarcab Balikpapan.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan latihan rutin ini selesai, Pengurus Dewan Saka Dkemudian mengajak calon anggota saka untuk ikut berbuka puasa bersama sekaligus salat magrib secara berjamaah.

Jurnalis: Aznur Panca Saputra - 24112
Editor: Satria Jaya, S.Pd.I - 21009

Posting Komentar

0 Komentar