About Me

header ads

Latihan Rutin SAKA Dirgantara Kwartir Cabang Kota Balikpapan: Pengetahuan Lalu Lintas Undara

 

PramukaNews | Balikpapan - Saka Dirgantara Kwartir Cabang Kota Balikpapan yang berpangkalan di TNI Angkatan Udara Dhomber melaksanakan Latihan Rutin berupa pengenalan pengetahuan lalu lintas udara bagi calon anggota Saka Dirgantara, Sabtu (23/03/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di Bale Samudra Lanud Dhomber dan dihadiri oleh Sekertaris Pimpinan Saka Daerah, Pengurus Cabang Saka, Pamong Saka, Pengurus Dewan Saka, dan para calon anggota Saka.

Latihan rutin ini bertujuan agar calon anggota Saka Dirgantara dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman tentang Kesakaan khususnya Saka Dirgantara. Latihan rutin ini dimulai dengan pengenalan krida jasa kedirgantaraan yang menjelaskan tentang SKK komunikasi yang disampaikan oleh Kak Imam Qusairi selaku Pengurus Cabang Krida Jasa Kedirgantaraan Kota Balikpapan. Kak Imam menjelaskan cara dan syarat mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus  (TKK) komunikasi untuk Penggalang, Penegak dan Pandega. Selingan antara materi pertama dan kedua diisi dengan ice breaking agar para anggota Saka Dirgantara kembali bersemangat untuk menerima materi selanjutnya. Ice breaking ini melatih konsentrasi dan mengasah otak kanan dan kiri agar bisa berpikir dengan seimbang.

Materi inti pengenalan Air Traffic Control atau Pengetahuan Lalu Lintas Udara tak kalah seru pada latihan ini. Materi ini disampaikan oleh Kak Muhammad Indrawan dibantu Kak Muhammad Alvin Albeno. Pada Air Traffic Controller ada Staff professional yang mempunyai tanggung jawab memandu pilot. Staff profesional ini bertanggung jawab untuk menginformasikan kondisi cuaca, memberi aba-aba, dan berkomunikasi dengan marshaller (petugas parkir pesawat). Selain Air Traffic Controller, ada juga meteologi yang membahas tentang awan dan cuaca baik serta berbahaya untuk dilalui pesawat.

“Seluruh kegiatan ini berjalan dengan seru, lancar, dan terkendali. Para calon anggota Saka juga terlihat antusias dengan kegiatan latihan rutin dibulan ramadhan ini. Latihan rutin ini akan konsisten dilaksanakan selama bulan Ramadan. Ini adalah latihan kedua kami selama bulan Ramadhan, harapannya semoga minggu terakhir seluruh anggota Saka dirgantara semakin bersemangat untuk terus belajar dan mengikuti kegiatan yang ada di saka Dirgantara. Kami juga akan terus belajar dan mengasah ilmu pengetahuan kami tentang kedirgantaraan agar semakin siap untuk mengikuti Peran Saka Daerah yang akan diadakan pada tahun ini,” ungkap Kak Prily selaku Ketua Dewan Saka Dirgantara Kwarcab Balikpapan.

Pada kesempatan latihan rutin ini Dewan Saka Dirgantara sekaligus melangsungkan buka puasa bersama serta salat Magrib berjamaah dengan Pengurus Cabang Saka, Pamong Saka, Dewan Saka, Anggota Saka serta warga sekitar Lanud Dhomber AURI. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih mengakrabkan diri satu sama lain. Suasana kegiatan ini terasa sangat hangat dan penuh dengan rasa kekeluargaan.

Jurnalis : Aznur Panca Saputra – 24112
Editor: Asriani – 19006

Posting Komentar

0 Komentar