About Me

header ads

Pelatih, Pembina dan Pramuka Penegak Sambas Laksanakan Orientasi Lintas Medan


PramukaNews | Sambas - Pelatih, pembina dan Pramuka Penegak dari Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sambas melaksanakan kegiatan Orientasi Lintas Medan, Minggu (10/03/2024). Kegiatan tersebut dilaksanakan di situs bersejarah yang terdapat di Bukit Piantus yang berlokasi Desa Piantus Kec. Sejangkung Kab. Sambas (Kalimantan Barat).

Saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan, Kak Handri yang merupakan Pelatih Kwartir Cabang Sambas mengungkapkan bahwa Orientasi Lintas Medan merupakan kegiatan dilapangan menemukan lokasi tertentu atau medan tertentu yang memiliki situs sejarah menggunakan peta dan kompas. Di Bukit Piatus terdapat sebuah Makam bersejarah yang bernama Dato' Kullup. Menurut legenda Dato' Kullup merupakan salah satu putra Raja Tan Unggal yang berkuasa di kerajaan Sambas dahulu kala. 

Ia juga mengungkapkan bahwa Orientasi Lintas Medan ini tentu memerlukan fisik dan stamina yang kuat, karena jarak tempuh perjalanan tidak menggunakan kendaraan melainkan berjalan kaki sejauh minimal 10 Km dan nantinya akan mendaki bukit dengan ketinggian 60 MDPL dengan kemiringan bukit sekitar 40° - 50°.

"Giat Orientasi Lintas Medan merupakan kegiatan gladi tangguh pramuka penegak pandega yang meliputi perjalanan minimal 10 Km, mengamati situs sejarah didaerah yang dilewati atau daerah tujuan dan mengaplikasikan kemampuan Ilmu Medan Peta Kompas didalam perjalanan alam terbuka"

"Ayo kakak-kakak pembina dan pramuka penegak, terus tingkatkan dan latih Scouting Skillnya. kegiatan Penegak itu dinamis, jangan digudep terus dengan latihan monoton. Selain itu juga banyak SKK yang bisa diexplore, jangan takut untuk memberikan TKK kepada peserta didik yang penting harus ada penempuhannya. Jangan asal pasang dan tempel, kasian peserta didik kita nanti ditanya tidak tau dan tidak ada kebanggaan memilikinya/menyandangnya," tutup Kak Handri.

Jurnalis : Halim Setiawan - 24107
Editor : Satria Jaya, S.Pd.I - 21009

Posting Komentar

0 Komentar