About Me

header ads

Pemilahan Sampah Oleh Pramuka SDN 006 Balikpapan Kota


PramukaNews | Balikpapan - Anggota Pramuka penggalang Gugusdepan Balikpapan 06.037-06.038 melakukan kegiatan pemilahan sampah botol plastik di Bank Sampah SDN 006 Balikpapan Kota. kegiatan dilaksanakan bersama dengan pengurus Adiwiyata dan bank sampah SDN 006 Balikpapan Kota pada Sabtu, (09/03/2024).

Pramuka penggalang SDN 006 Balikpapan Kota sangat antusias mengikuti kegiatan Pemilahan sampah Botol Plastik di Bank Sampah SDN 006 Balikpapan Kota. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali oleh pengurus bank sampah SDN 006 Balikpapan Kota. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan peserta didik untuk dapat memilah sampah plastik yang dapat dimanfaatkan kembali. Diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini peserta didik dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih dari sampah plastik. 

Sampah Plastik yang ada di bank sampah SDN 006 Balikpapan Kota akan dimanfaatkan untuk kerajinan dan karya peserta didik disekolah. Sampah yang tidak dimanfaatkan untuk karya akan dijual ke bank sampah yang menjadi mitra. Pemilahan sampah plastik ini dimulai dengan pangarahan dari Kak Kartika Selaku pengurus Bank Sampah kepada Pramuka SDN 006 Balikpapan kota tentang tatacara pemilahan sampah. Kemudian peserta dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama membuka label pada botol plastik. Sementara, kelompok lainnya membersihkan sampah botol plastik. Setelah bersih sampah botol plastik kemudian dikeringkan sebelum di timbang dan diserahkan kepada bank sampah RT. 10 Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota. Selain sampah plastik bank sampah SDN 006 Balikpapan Kota juga mengumpulkan sampah kertas dan lain sebagianya. 

"Semoga dengan terlibatnya Pramuka SDN 006 Balikpapan Kota dapat membuat peserta didik lain untuk lebih termotivasi menjaga lingkungan dan membuang sampah sekaligus memilah sampah"  ungkap Kak Yutmiatin selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan sekaligus Kepala SDN 006 Balikpapan kota.

Beliau juga berharap sampah yang ada dapat dimanfaatkan menjadi sebuah karya. Selain berpredikat sebagai sekolah adiwiyata mandiri, SDN 006 Balikpapan sudah pernah meraih juara 1 Pramuka putra dan Pramuka putri dalam lomba hastakarya dengan memanfaatkan sampah yang ada pada bank sampah SDN 006 Balikpapan Kota. Ini menjadi bukti bahwa Pramuka dapat memanfaatkan sampah yang biasa dipandang sebelah mata menjadi bahan yang bermanfaat dan bernilai jual.


Jurnalis : Aznur Panca Saputra – 24112

Editor: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar