About Me

header ads

Peningkatan Pengetahuan Pramuka Penegak, Ambalan Ahmad Yani - Dewi Sartika Berikan Materi Sketsa Panorama


PramukaNews | Sambas - Ambalan Ahmad Yani - Dewi Sartika (06.065 - 06.066) Pangkalan SMKN 1 Sejangkung Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat, mengadakan pemberian materi penegak tentang sketsa panorama dihalaman SMKN 1 Sejangkung pada Jum'at, (8/3/2024).

Pelaksanaan latihan Pramuka Penegak di SMKN 1 Sejangkung rutin dilaksanakan setiap seminggu sekali pada hari Jumat dimulai pukul 14.00 WIB - 16.00 WIB. Materi yang disampaikan setiap latihan juga berbeda-beda. Latihan pramuka penegak di Ambalan Ahmad Yani - Dewi Sartika pada minggu ini mempelajari tentang Sketsa Panorama. Materi tersebut diajarkan kepada Pramuka Penegak salah satu alasannya adalah karena SMKN 1 Sejangkung berdampingan langsung dengan Gunung Senujuh.

Materi sketsa panorama disampaikan oleh Kak Evi Novia Wulandari dan Kak Faris Alwasi selaku Dewan Ambalan di ambalan Ahmad Yani -Dewi Sartika. Menurut Kak Evi dalam penyampaian materinya mempelajari materi sketsa panorama sangat menarik dan sangat menyenangkan. "Kakak penegak yang hadir hari ini sangat beruntung dapat belajar tentang sketsa panorama, belajar sketsa panorama sangat  menyenangkan dan sangat menarik untuk dipelajari lebih dalam lagi. Panorama adalah membuat gambar suatu pemandangan (Medan Alam) dalam bentuk sketsa (gambar sederhana) yang menunjukkan suatu daerah dengan sudut pandang tertentu. Panorama berguna untuk melukiskan situasi dan kondisi suatu tempat pada satu waktu," ujar kak Evi dalam penyampaian materinya.

"Membuat sketsa pemandangan, panorama atau peta panorama, berbeda dengan lukisan pemandangan pada umumnya. Dalam membuat panorama terdapat beberapa aturan yang membedakannya dari gambar biasa, baik segi peralatan maupun teknik menggambar," sambung kak Faris dalam penyampaian materinya.

Kak Andre selaku pembina di Ambalan Ahmad Yani - Dewi Sartika sangat berharap peserta dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari dan dapat mempraktekkannya serta diajarkan kepada anggota pramuka yang lainnya. "Harapan saya tentunya kakak-kakak Pramuka Penegak Ambalan Ahmad Yani - Dewi Sartika ini dapat menerapkan ilmu dari materi yang telah disampaikan, mempraktekkan membuat sketsa gambar sederhana dari suatu daerah dengan sudut pandang tertentu,” ujarnya. Saya juga berharap ilmu yang didapatkan hari ini tidak berhenti sampai disini saja, tularkan ilmu yang bermanfaat kepada anggota pramuka lainnya agar ilmu yang kakak-kakak miliki akan semakin berkembang dan bermanfaat untuk semua orang," tutup kak Andre.

JURNALIS : HALIM SETIAWAN  – 24107

EDITOR : M. RUSDI  - 19016


Posting Komentar

0 Komentar