About Me

header ads

Pramuka Universitas Hasanuddin Peringati Malam Nuzulul Qur'an


PramukaNews | Kota Makassar - Gerakan Pramuka Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali memperingati malam Nuzulul Qur'an. Peringatan 17 Ramadhan ini sebagai momentum memperkuat kepedulian kepada sesama.

Peringatan Malam Nuzulul Qur'an ini sudah menjadi tradisi sendiri untuk Pramuka Unhas. Pelaksanaan kegiatan pun pasti di Sanggar Bakti Pramuka Unhas tiap tahunnya. Hal ini yang menjadi daya tarik sendiri untuk donatur kata Kak Sulaiman selaku Koordinator Pengarah, untuk selalu berbagi dan sebagai momentum yang sangat dinanti seluruh warga Pramuka Unhas. Peringatan kali ini mengusung tema "Keberagaman dan Kebersamaan yang Mendukung Generasi Cerdas yang Cinta Al-Qur'an." Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Prof. drg. Muhammad Ruslin, M. Kes., Ph.D., Sp.BM (K). dalam hal ini Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Kemahasiswaan selaku Ketua Harian Pramuka Unhas serta Kak Prof. Dr. Muhammad Tamar, M.Psi. selaku Ketua Gugus Depan 11.075.

Ramadhan memang menjadi bulan penuh keberkahan dan segala sesuatu yang bersifat ibadah dilipatgandakan pahalanya. Salah satunya dengan berbagi, baik dalam bentuk material atau pun sembako kepada yang membutuhkan. Pada kegiatan ini melibatkan anak-anak panti asuhan dan pondok tahfidz Qur'an Al-Khaer, warga Pramuka Unhas, beserta masing-masing UKM yang ada di Universitas Hasanuddin. Pembuka dalam kegiatan ini adalah mendengarkan ceramah singkat oleh Ust. Drs. Sulaiman Gosalam, M. Si. sebelum melanjutkan ke agenda utama. Agenda utama pada kegiatan ini, yaitu buka puasa bersama, tarawih bersama, dan penyaluran sembako ke panti asuhan.


Kak Amelya Dasir selaku Ketua Reka Kerja menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya peringatan Malam Nuzulul Qur'an ini untuk meningkatkan  iman dan takwa, menambah  pemahaman mengenai agama islam, serta pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga dapat menumbuhkan rasa kepeduliaan terhadap masyarakat sekitar. Tidak dapat dipungkiri kegiatan seperti ini akan mempererat tali silaturahmi dan  menumbuhkan semangat menjalankan bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat dan bernilai ibadah. Pada kesempatan ini juga, anak-anak tahfidz Qur'an Al-Khaer berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang Al-Qur'an dengan masyarakat yang ada di Sanggar Bakti Pramuka Unhas. Peringatan Malam Nuzulul Qur'an bagi Pramuka Unhas sendiri menjadi momentum yang menghibur dan meningkatkan kepercayaan kepada Al-Qur'an, serta mengingatkan kita untuk menjaga kebersamaan dan keberagaman yang dimiliki.

Jurnalis: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar