About Me

header ads

Racana IAIS Sambas Laksanakan Earth Hour

PramukaNews I Sambas - Gerakan Pramuka Racana Muhammad Syafiuddin dan Siti Aisyah yang berpangkalan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas menyelenggarakan kegiatan Earth Hour 2024 di halaman SMKN 1 Sambas (Kampus 3) Desa Durian Kec. Sambas Kab. Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (23/3/2024). Kegiatan Earth Hour ini bekerjasama dengan Gugus Depan Soekma Pangkalan SMKN 1 Sambas

Ditemui disela-sela kegiatan, Kak Rasyid A.R selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa Earth Hour merupakan kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu terakhir di bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah kecil untuk menyelamatkan bumi dengan mematikan listrik selama 60 menit. 


Lebih lanjut diungkapkan bahwa pelaksanaan Earth Hour Tahun 2024 ini mendapat sambutan yang sangat luar biasa dari anggota pramuka yang ada di Wilayah Kwartir Cabang Sambas. Target awalnpeserta kegiatan hanya 50 orang. Namun, sambutan peserta pramuka sangat luar biasa, banyak yang ingin mengikuti kegiatan tersebut. Tercatat sebanyak 140 orang peserta yang mengikuti kegiatan tersebut hadir baik itu dari pelatih, pembina, satuan karya, pramuka siaga, pramuka penggalang dan pramuka penegak.

Adapun Satuan karya yang ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut yakni Saka Wirakartika Tebas, Saka Bakti Husada Sungai Kelambu, Saka SAR Pos Sentete, Saka Bhayangkara Sejangkung, Saka Wirakartika Sejangkung, dan Saka Bhakti Husada Sejangkung.

Gugus Depan Pramuka Penegak yang hadir diantaranya dari pangkalan SMKN 1 Sambas, SMKN Unggulan Sambas, MKN 1 Sejangkung, SMKN 1 Sajingan Besar, SMAN 1 Sejangkung, SMAN 2 Sambas, SMAN 1 Tebas, SMAN 2 Tebas, SMKN 1 Semparuk, SMAN 1 Sambas, SMAN 1 Sajad, SMKN 1 Sajingan Besar, SMK Subur Insani, dan MAN 1 Sambas. 

Sedangkan dari Gugus Depan pramuka penggalang yang hadir diantaranya dari pangkalan SMPN 2 Sebawi, SMPN 1 Sambas, SMPN 2 Sajad, SMPN 2 Semparuk, SMPN 5 Semparuk, SMPN 1 Sajingan Besar, SMPN 3 Sambas, SMPN 3 Sajad dan SMPN 2 Sambas. Tidak mau ketinggalan juga, pramuka siaga juga ikut hadir di kegiatan Earth Hour tahun 2024 tersebut yakni berasal dari pangkalan SDN 2 Sambas dan SDN 19 Medang.

Earth Hour 2024 yang di selenggarakan oleh Racana IAIS Sambas bekerjasama dengan Gugus Depan Soekma SMKN 1 Sambas ini didukung oleh Messengers of Peace Indonesia, Kalimantan Barat dan Radio Scouting Sambas / Radio Scouting Indonesia.

"Semoga tahun berikutnya kegiatan Earth Hour dilaksanakan lebih baik lagi dan dapat dikolaborasikan dengan giat perkemahan, agar isi kegiatan lebih beragam dan peserta lebih menghayati makna sesungguhnya dari Earth Hour tersebut, ” tutup Kak Rasid A.R., Selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Jurnalis : Halim Setiawan – 24107
Editor : Satria Jaya - 21009

Posting Komentar

0 Komentar