About Me

header ads

Regenarasi Saka Wira Kartika, Koramil 03 Tebas Adakan Pelantikan dan Pengukuhan


PramukaNews |Sambas -  Saka Wira Kartika binaan Koramil 03 Tebas sukses melaksanakan pelantikan dan pengukuhan anggota baru yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (2-3/3/2024).   
Pelantikan dan pengukuhan Saka Wira Kartika diikuti oleh peserta yang berasal dari Koramil 03 Tebas berjumlah 8 orang dengan rincian putra 6 orang, putri 2 orang dan dari Koramil  05 Pemangkat berjumlah 7 orang dengan rincian 3 orang putra dan 4 orang putri.
Acara pada hari pertama (2/3/2024) dimulai dengan upacara pembukaan di lapangan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi yang sampaikan oleh pamong Saka Wira Kartika kakak Sertu Rinto di Aula Koramil 03 Tebas.
Beliau memberikan ucapan selamat kepada panita yang telah berhasil merealisasikan kegiatan pelantikan dan pengukuhan Saka Wira Kartika. Selain itu, ia juga memberikan semangat kepada seluruh peserta yang ikut untuk selalu menjaga kekompakan dan disiplin serta menjaga kesehatan. Kakak Sertu Rinto mengungkapkan bahwa dalam perekrutan anggota Saka Wira Kartika tidak melihat  kuantitas tetapi menuntut kualitas.
"Saya sangat berterima kasih kepada panitia yang telah berhasil merekrut kakak-kakak Pramuka Penegak untuk bergabung ke Saka Wira Kartika. Merupakan suatu kesuksesan kita bersama meregenerasi Saka Wira Kartika yang nantinya bisa menjadi cikal bakal pengganti kami di Koramil ini," ujar kak Sertu Rinto.
"Kakak-kakak yang hadir disini adalah orang-orang yang terpilih yang memiliki semangat dan tekat yang kuat untuk menuntut ilmu dan menjadi bagian dari Koramil 03 Tebas ini,  untuk itu kakak-kakak semua harus selalu menjaga kekompakan dan meningkatkan disiplin nya serta selalu menjaga kesehatan selama kegiatan berlangsung," lanjutnya. 
"Terakhir saya berpesan kepada kakak-kakak untuk mendengarkan dengan cermat, memahami setiap materi yang diberikan, karena hari ini panitia menghadirkan pemateri-pemateri yang ahli dibidangnya masing-masing.  Dalam pencarian atau regenerasi anggota Saka Wira Kartika kami lebih mengutamakan kualitas dibanding kuantitas, agar Saka Wira Kartika yang berada di Koramil 03 Tebas  menjadi seorang yang tangguh di segala bidang," tutup Sertu Rinto.
Selanjutnya penyampaian materi oleh Kak Halim tentang Kompas dan Arah Mata Angin, kemudian dilanjutkan dengan materi navigasi darat yang disampaikan oleh Kak M.Eksan. Setelah isoma dilanjutkan dengan materi tentang Penanggulangan Bencana yang disampaikan oleh Kak Yovie.         
Selaku ketua panitia kak Reno Ardiansyah sangat berterima kasih kepada narasumber yang sudah menyempatkan hadir untuk berbagi ilmu dengan calon anggota Saka Wira Kartika. 
"Pemateri hari ini sangat luar biasa, diisi oleh beberapa pembina yaitu Kak Halim,  Kak M.Eksan dan Kak Yovie serta Pelatih  yaitu Kak A. Handri Mamudi dari Kwarcab Sambas. Walaupun kondisi cuaca saat ini sedang hujan dan jarak tempuh dari Kota Sambas ke Tebas itu lumayan jauh namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman," ujar kak Reno.
"Saya berharap  untuk kedepannya anggota Saka Wira Kartika yang akan dilantik dan dikukuhkan besok (3/3/2024) menjadi penerus yang aktif mengabdi dan bisa bertanggung jawab didalam Saka Wira Kartika agar kedepannya dapat merekrut anggota yang lebig berkualitas lagi, yang memiliki bakat dan juga karya kreatif dari diri mereka sendiri," lanjutnya.
Semoga kedepannya semakin banyak Pramuka Penegak dari Kecamatan Tebas khususnya dan Kabupaten Sambas umumnya yang ikut serta bergabung di Saka Wira Kartika.

Jurnalis : Halim Setiawan
Editor : Jariri Arroah Manda - 19045

Posting Komentar

0 Komentar