About Me

header ads

Hiprapa Purmanda Kuatkan Kualitas dan Wawasan Anggota Gudep Melalui Open Forum


PramukaNews | Pamekasan – Himpunan Pramuka Pamekasan Purna MAN Dua (Hiprapa Purmanda) agendakan Open Forum pada acara Halalbihalal bersama gugus depan, Minggu(21/04) kemarin. Kegiatan yang dikhususkan kepada anggota Gudep Pramuka MAN 2 Pamekasan dan anggota purnabakti ini dimaksudkan agar kualitas diri dan wawasan anggota Gudep semakin baik (meningkat), serta silaturahmi antara Gudep dengan Himpunan semakin erat dan akrab.

Agenda Open Forum tersebut dilaksanakan dalam format diskusi, anggota gugus depan baik warga ambalan atau dewan ambalan menyampaikan kepada purnabakti (anggota Hiprapa Puramanda) keluhan, pertanyaan, harapan dan keinginan mereka terkait pengembangan diri, organisasi, dan kehidupan. Setelah mereka menyampaikan, apa yang disampaikan kemudian dijawab dan ditanggapi oleh purnabakti sehingga menjadi sebuah diskusi yang dapat menambah wawasan, mengingat anggota purnabakti yang menjawab pun adalah mereka yang dirasa memiliki pengalaman lebih sesuai dengan topik yang dibahas.

Diskusi dalam open forum ini merupakan bagian acara halalbihalal di Pendopo Budaya ini juga menjadi solusi bagi peserta didik yang memilki hal yang membuat mereka penasaran dan butuh jawaban, agenda ini juga menjadi agenda yang langka ditemui karena banyak purnabakti yang sudah berkuliah didalam dan atau diluar kota, serta yang bekerja, namun masih memiliki pemahaman yang mumpuni, hadir di acara halalbihalal dan mengikuti open forum ini sebagai bagian dari acara.

Salah satu yang menarik adalah tidak hanya mendapatkan sekedar wawasan dari diskusi, namun anggota juga mendapat semangat dan motivasi. Seperti salah satu anggota yang berdiskusi adalah kak Jefri Liyandika Radiansyah selaku pemangku adat ambalan putra sempat menyampaikan bahwasannya Pramuka MAN 2 Pamekasan akan berpartisipasi dalam perlombaan pramuka, yang kemudian direspon tidak hanya purnabakti menyatakan siap untuk membantu dan melatih, namun dari purnabakti juga memberikan motivasi untuk bisa meraih yang terbaik pada saat berlomba nantinya.

Open Forum kali ini juga ditutup dengan catatan berupa motivasi oleh Kak Moh. Salman Alfarisi selaku Wakil Ketua Umum Hiprapa Purmanda. Beliau memberikan rangkuman jawaban dari semua purnabakti pada diskusi sebelumnya dalam bentuk motivasi yang luar biasa kepada adik-adik anggota gugus depan. “Intinya, keberuntungan datang pada orang-orang yang berani” sedikit dari sekian banyak tutur beliau yang sekaligus menjadi isyarat berakhirnya Open Forum hari itu. 

Jurnalis : R. Ichwani Iqbal Ananda Yasman - 18068

Posting Komentar

0 Komentar