About Me

header ads

Kwarcab Sambas Laksanakan Pembekalan Peserta Karya Bakti Lebaran

PramukaNews I Sambas - Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sambas bersama dengan anggota Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang/ DKC melaksanakan pembekalan Peserta Karya Bakti Lebaran (KBL) Tahun 2024. Pembekalan tersebut dilaksanakan di Aula Sekretariat Kwartir Cabang Sambas Desa Sei Rambah, Kec. Sambas Kab. Sambas-Kalimantan Barat, Selasa (02/04/2024). 

Kegiatan pembekalan Karya Bakti Lebaran tersebut diikuti 75 orang Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Pelaksanaan kegiatan Karya Bakti Lebaran dimulai pada tanggal 03 s.d 16 April 2024 yang tersebar diberbagai titik kegiatan diantaranya rest area, tempat wisata, serta posko mudik lebaran yang dibangun pemerintah daerah dan Polri. Selain itu, peserta Karya Bakti Lebaran diarahkan untuk membantu petugas kesehatan dan terminal bus antar kota serta membantu pemudik yang lanjut usia dan anak-anak. 


Dalam sambutannya, Kak Dedi selaku Sekretaris Kwartir Cabang Sambas menyampaikan bahwa gerakan pramuka harus bertekad untuk mengabdi tanpa batas dalam membangun generasi muda yang tangguh dan pada gilirannya dapat dengan tangguh pula memimpin bangsa dan NKRI. Salah satu pengabdian yang dilakukan adalah kegiatan Karya Bakti Lebaran. Kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan kepramukaan agar para anggota kita selalu siap menolong orang lain, sebagaimana tercantum secara jelas dalam Kode Kehormatan Gerakan Pramuka yakni Satya dan Darma.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sambas di tahun 2024 ini diantaranya Latihan Gabungan Pramuka Penegak Kwartir Cabang Sambas, Gladian Pimpinan Satuan (DIANPINSAT) Kwartir Cabang Sambas, Kemah Pesisir Paloh, Peran Saka Cabang, Lawatan Muhibbah Lintas Negara Malaysia-Brunei, Kursus Pengelolaan Dewan Kerja (KPDK), Peran Saka Nasional, Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (PERTIKAWAN) Nasional 

“Untuk kegiatan orang dewasa kegiatan yang akan dilakukan adalah Penyegaran Pelatih, Pramuka Peduli, Kursus Mahir Dasar (KMD), Kursus Mahir Lanjutan (KML), Kursus Orientasi Gugus Depan dan Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke 63 Tahun 2024 di Kwartir Ranting Salatiga. Mohon dukungan semua pihak agar kegiatan yang diprogramkan ini berjalan dengan baik dan sukses,” tutup Kak Dedi selaku Sekretaris Kwartir Cabang Sambas.

Setelah kegiatan pembekalan, dilanjutkan dengan silaturahmi dan buka puasa bersama pengurus Kwartir Cabang Sambas dan peserta Karya Bakti Lebaran. Diadakannya kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama ini untuk menjalin tali silaturahmi dan memperkuat rasa persaudaraan sesama anggota pramuka serta membagun semangat kebersamaan keluarga besar Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sambas

Jurnalis : Halim Setiawan – 24107
Editor : Satria Jaya - 21009

Posting Komentar

0 Komentar