About Me

header ads

Pramuka Kwartir Ranting Raya Laksanakan Pembersihan Lingkungan


PramukaNews I Simalungun - Anggota Gerakan Pramuka Se-Kwartir Ranting Raya melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan, Sabtu (06/04/2024). Hal ini dilakukan sesuai deng surat edaran dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengenai Karya Bakti Lebaran. Kegiatan yang dilakukan adalah pembersihan lingkungan dari sampah

Kegiatan pembersihan lingkungan ini di mulai dari titik awal pangkalan SMP Negeri 1 Raya hingga ke Balai pertemuan di Jalan Pendeta J. Wismar Saragih Kec. Raya Kab. Simalungun, Sumatera Utara. Kegiatan ini diikuti sekitar 50 anggota Pramuka Penggalang dan Penegak.

Saat dikonfirmasi, Kak Septiaman, S.STP selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Raya menyampaikan bahwa untuk melakukan kegiatan ini memang tidak mudah makanya dari itu dibutuhkannya kesadaran diri dari tiap-tiap orang. Masyarakat mengapresiasi para anggota Pramuka ini dengan memberikan semangat yang akhirnya menumbuhkan semangat bagi diri masing-masing Pramuka. Meski dalam suasana bulan suci ramadan, para anggota pramuka yang beragama muslim juga mengambil peran dan terlibat aktif, hal ini menunjukkan bahwa puasa bukan menjadi penghalang untuk melakukan hal baik. 

Lebih lanjut diungkapkan bahwa pembersihan lingkungan ini di awal dari pangkalan SMP Negeri 1 Raya, dengan memungut sampah yang bertebaran di jalanan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang besar bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Apalagi ini akan menjelang bulan suci ramadan, sehingga memberikan rasa nyaman bagi masyarakat pendatang yang akan mudik. 

"Kegiatan ini juga merupakan pengamalan dari nilai-nilai dasar darma yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Nilai-nilai seperti ini diharapkan terus tertanam dalam diri anggota Pramuka" ujar Kak Septiaman, S.STP selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Raya.

Memang tidak mudah, tapi perlahan-lahan kegiatan ini menarik perhatian masyarakat sekitar. Pada akhirnya seluruh pihak di lingkungan masyarakat akan menjaga peran dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sehingga lingkungan menjadi nyaman, bersih dan indah. Mari bersama jaga lingkungan, mulailah dari hal kecil namun memberi dampak yang sangat besar.

Jurnalis : Hans Septian Saragih – 24106 
Editor : Satria Jaya - 21009

Posting Komentar

0 Komentar