About Me

header ads

Pramuka SDN 006 Balikpapan Peringati Hari Kartini


PramukaNews I Balikpapan -Tanamkan semangat perjuangan RA. Kartini, Gerakan Pramuka Gugus Depan 06.037 dan Gugus Depan 06.038 yang berpangkalan pada SDN 006 Balikpapan peringati Hari Kartini. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai macam acara dan diikuti oleh seluruh Anggota Pramuka SDN 006 Balikpapan, Sabtu (20/04/2024). 

Kartini menjadi sosok yang sangat penting dalam emansipasi wanita di Indonesia. Oleh karena itu, setiap tahunnya pada tanggal 21 April setiap diperingati sebagai Hari Kartini. 

Kak Kartika selaku Ketua Gugus Depan Putri menjelaskan bahwa kegiatan ini diawali dengan apel seluruh peserta dibhalaman SDN 006 Balikpapan. Kegiatan ini dilanjutkan dengan foto bersama dan peragaan busana tradisional oleh peserta yang menggunakan pakaian adat dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menanamkan semangat RA. Kartini.

Berbeda halnya yang diungkapkan oleh Kak Yutmiatin selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan bahwa kegiatan ini juga diisi dengan penampilan tari-tari tradisional oleh para peserta putri. Peserta sangat antusias dalam menyaksikan peragaan busana dan pertunjukan tari-tari tradisional.

”kegiatan ini bertujuan agar para peserta didik lebih mengenal dan meneladani sosok pahlawan wanita yang sangat penting bagi bangsa indonesia yakno RA. Kartini, beliau adalah sosok pahlawan wanita yang memperjuangkan hak-hak perempuan agar mendapatkan hak yang sama seperti laki-laki tanpa ada perbedaan. Khususnya di bidang pendidikan. Ada tiga kisah inspiratif yang perlu diteladani yaitu tekad yang kuat, ambisius, tetap patuh serta rendah hati dan sederhana” Ucap Kak Yutmiatin, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan SDN 006 Balikpapan.

Tidak hanya Kegiatan dilapangan, Peringatan Hari Kartini ini juga diisi dengan lomba mewarnai bagi Pramuka siaga dan menggambar RA. Kartini bagi Pramuka Penggalang. Lomba mewarnai dan menggambar dilakukan dengan tujuan agar para peserta tahu wajah RA. Kartini. setelah selesai mewarnai dan menggambar para peserta diajak untuk makan bersama. Kegiatan ini diakhiri dengan senam bersama di halaman SDN 006 Balikpapan untuk meningkatkan semangat kesatuan dan persatuan antara peserta didik dan para pembina. 

Jurnalis : Aznur Panca Saputra – 24112
Editor: Satria Jaya - 21009

Posting Komentar

0 Komentar