About Me

header ads

Pramuka SDN 19 Sungai Enau Mejo Adakan Bazar Siaga

PramukaNews | Sambas – Salah satu bentuk kegiatan pramuka yang dapat diajarkan kepada peserta didik tingkat siaga adalah mengenalkan kegiatan wirausaha. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Bazar Siaga yang dilaksanakan oleh pramuka siaga SDN 19 Sungai Enau Mejo Desa Balai Gemuruh Kec. Subah Kab. Sambas-Kalimantan Barat pada hari Minggu, (28/04/2024). 

Setiap barung diarahkan untuk membawa barang dagangannya masing-masing untuk diperjualbelikan kepada anggota barung yang lain. Selain itu juga dalam Bazar Siaga ini, anggota pramuka siaga diajak untuk ikut bermain dan berkompetisi bersama melalui permainan-permainan tradisonal dan permainan khas siaga. 

Disela-sela kegiatan bazar siaga Kak Armansyah selaku pengurus Kwartir Ranting Subah menjelaskan bahwa, kegiatan yang bersifat permainan merupakan salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi peserta didik untuk berprestasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran gerakan pramuka. Sehingga kegiatan seperti ini harus diperkenalkan sejak dini kepada anggota pramuka terutama siaga untuk menjadi pribadi yang mandiri dan bisa beradaptasi dimanapun berada. 

“Kegiatan bazar siaga ini memberikan kesempatan bagi anggota pramuka siaga agar dapat menerima banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Selain itu juga anggota pramuka siaga diajarkan tentang berwirausaha, belajar kedisiplinan, ketangkasan dan keterampilan maupun kemandirian dalam rangka pengembangan diri baik fisik maupun mental, sesuai tingkat kemampuannya,” ujar Kak Armansyah.

Dari kegiatan ini diharapkan para anggota pramuka siaga terutama yang berada di pangkalan SDN 19 Sungai Enau Mejo dapat belajar bersosialisasi, beradaptasi dan bertahan hidup dalam keadaan apapun dimanapun berada. Diharapkan juga dari kegiatan ini anggota pramuka siaga dapat belajar mandiri dan belajar cara pengelolaan keuangan yang bijak.  

Jurnalis : Halim Setiawan  – 24107

Editor : M. Rusdi  - 19016

Posting Komentar

0 Komentar