About Me

header ads

Latihan Rutin Pramuka SDN 033 Balikpapan Utara


PramukaNews | Balikpapan – Gema suara Yel-yel terdengan di Gugus Depan Pangkalan SDN 033 Balikpapan Utara. Gugus Depan Pramuka yang berpangkalan pada SDN 033 Balikpapan Utara melakukan latihan rutin mingguan. Latihan ini dihadiri oleh seluruh pembina Pramuka SDN 033 Balikpapan utara dan diikuti oleh peserta didik Pramuka Penggalang dan Siaga dihalaman SDN 033 Balikpapan Utara pada Sabtu, (04/05/2024).

Latihan rutin mingguan Pramuka SDN 033 Balikpapan Utara diawali dengan upacara pembuka latihan yang dibuka oleh Kak Vita Pramudikasari selaku pembina putri. Pada saat membuka latihan Kak Vita Pramudikasari yang akrab disapa Kak Vita memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta didik dengan cara bernyanyi. Para peserta terlihat antusias dan semangat saat kegiatan bernyanyi bersama-sama. Dengan aktifitas bernyanyi ini diharapkan para peserta dapat membangkitkan semangat pada dirinya ketika latihan dimulai. Pada upacara pembukaan latihan ini juga dilakukan pengecekan seragam kepada seluruh peserta didik apakah sudah rapi atau belum.

Pada latihan kali ini Pramuka Penggalang SDN 033 Balikpapan Utara diberikan materi SKU Pramuka Penggalang Ramu tentang Kode Kehormatan Pramuka. Kode kehormatan dalam pramuka terbagi menjadi dua yaitu Satya yang berarti janji dan Dharma yang berarti ketentuan moral. Materi yang diberikan oleh Kak Vita pada pada kesempatan ini lebih berfokus pada Dasa Dharma. Para peserta diminta untuk menuliskan Dasa Dharma Pramuka dibuku latihannya. Kemudian peserta didik diminta untuk maju untuk menyebutkan Dasa Dharma didepan pasukanannya. Pada kegiatan ini para peserta juga diberikan beberpa tepukan yang khas dalam Pramuka. Salah satunya yaitu tepukan 1,2,3,4 dan 5.

”Diharapkan pada latihan kali ini adik-adik dapat menyebutkan dan mengamalakan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari. Semoga adik-adik tetap bersemangat beraktifitas dan kompak bukan hanya di Pramuka tapi tapi pada kegiatan sehari-hari.” Ucap Kak Vita Pramudikasari selaku Pembina Pramuka putri SDN 033 Balikpapan Utara.

Kegiatan ditutup dengan upacara penutupan latihan. pada upacara penutupan latihan Kak vita menyampaikan rasa syukur karena kegiatan berjalan dengan lancar. Beliau juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk melatih kekompakan, kesabaran, ketenangan, semangat dan fokus. Diakhir beliau berpesan lakukanlah apapun dengan menggunakan hati, karena hatilah yang membuat kita merasa senang disetiap melakukan kegiatan apapun. Diakhir peserta didik bersalam-salaman kepada pembina dan teman-teman agar selalu kompak dalam berkegiatan.


Jurnalis : Aznur Panca Saputra – 24112

Editor: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar