About Me

header ads

Penerimaan Anggota Baru Saka Kalpataru Cabang Bone


PramukaNews I Bone - Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone menyelenggarakan Penerimaan Anggota Baru, Kamis (23/05/2024). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bone, Jl. A. Mappanyukki Kel. Macanang Kec. Tanete Riattang Barat, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Majelis Pimpinan Saka Kalpataru Cabang Bone yang diwakili oleh Kak Andi Rahmat Musyra, S.STP selaku Ketua Pimpinan Saka. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kak Muhammad Darwis, S.Pd.,MM/ Sekretaris Pimpinan Saka, Drs. Muhammad Yunus, M.Si/ Unsur Pimpinan Saka, Para Anggota Pimpinan Saka, Dewan Saka dan Sangga Kerja.


Dalam Laporannya Kak Nurfadhillah Nur, S.Pd selaku Sangga Kerja menyampaikan bahwa Satuan Karya merupakan wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan. Lebih lanjut diungkapkan bahwa kegiatan Penerimaan Anggota Baru dilaksanakan selama 4 (Empat) hari yakni Kamis s.d Minggu tanggal 23 s.d 26 Mei 2024.

Sementara itu, Kak Andi Rahmat Musyra, S.STP selaku Ketua Pimpinan Saka Kalpataru menyampaikan bahwa Saka Kalpataru merupakan satuan Karya yang dibentuk antara Kerjasama Antara Gerakan Pramuka dengan Kementerian Lingkungan Hidup. Saja Kalpataru sendiri merupakan salah satu Satuan Karya/Saka yang ada di Gerakan Pramuka yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan, kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega serta wadah untuk menanamkan kepedulian dan rasa tanggungjawab dalam mengelola, menjaga, mempertahankan dan melestarikan lingkungan Hidup.

Ada 3 (Tiga) Krida yang ada di Saja Kalpataru. 3 (Tiga) Krida tersebut adalah Krida 3 R 

Krida 3R (Reuse, Reduce, Recycle), Krida Perubahan Iklim dan Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati. Krida 3 R terdiri atas 3 (Tiga) SKK yaitu SKK Komposting, SKK Daur Ulang dan SKK Bank Sampah. Krida Perubahan Iklim terdiri atas 3 (Tiga) SKK yakni SKK Hemat Air, SKK Hemat Energi Listrik dan SKK Transportasi Hijau. Sementara Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati terdiri atas SKK SKK Pelestarian Sumber Daya Genetik, SKK Pelestarian Ekosistem dan SKK Jasa Lingkungan.

"Ikuti seluruh rangkaian dengan baik. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan baik, lancar dan sesuai dengan harapan kita masing-masing. Dengan mengucapkan Bismillahi Rahmani Rahim kegiatan Penerimaan Anggota Baru Saka Kalpataru Cabang Bone dengan ini saya nyatakan dibuka secara resmi" ucap Kak Andi Rahmat Musyra, S.STP selaku Ketua Pimpinan Saka.

Adapun jumlah peserta yang pada kegiatan Penerimaan Anggota Baru Saka Kalpataru berjumlah 45 Orang yang merupakan utusan dari berbagai gugus depan yang ada di Wilayah Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone.

Jurnalis: Satria Jaya - 21009

Posting Komentar

0 Komentar