About Me

header ads

Pergelaran Hasta Karya Gugus Depan SMAN 3 Pamekasan sebagai Wadah Realisasi Nama Besar Praja Muda Karana


PramukaNews | Pamekasan - Dalam rangka merealisasikan nama besar Praja Muda Karana (PRAMUKA), yang berarti pemuda dengan semangat berkarya. Jum’at lalu, 3 Mei 2024. Dewan Ambalan Jokotole-Dewi Ratnadi Gugus Depan SMAN 3 Pamekasan, berinisiatif menggelar salah satu program kerja, bersamaan dengan latihan rutin di Lapangan Basket SMAN 3 Pamekasan, yaitu Hasta Karya. Kegiatan ini, merupakan pertama kalinya diadakan dan akan terus direalisasikan kedepannya.

“Adanya program yang akan rutin diadakan setiap tahun ini, diharap akan menjadi pilar kami untuk merelealisasikan makna pramuka yang mencerminkan kreatifitas dan keaktifan tunas muda dalam berkarya. Karena akan banyak variasi yang dihasilkan oleh para penegak selanjutnya.” Ucap salah seorang anggota dewan ambalan.

Pada kali pertamanya, dewan ambalan mengambil tema “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar menjadi kerajinan fungsional”, dengan menilik penumpukan sampah organik dan anorganik di sekitar lingkungan sekolah, yang kemudian diolah menjadi pot hias dan kerajinan lainnya. Dalam pembagiannya, para penegak dibagi menjadi 4 kelompok putra dan 6 kelompok putri yang terdiri dari 5 orang dengan kelas berbeda. Sistem klasifikasi acak tersebut bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan solidaritas anggota.

Euphoria kegiatan berlangsung menyenangkan. Para anggota penegak, diberikan alat berupa pisau, dan bahan berupa tali yang kemudian diberikan tugas untuk mengambil sampah sekitar dan mengolahnya menjadi kerajinan yang dapat difungsikan. Seperti yang dilakukan beberapa kelompok putra, menghasilkan pot hias dari botol bekas dan bambu. Kelompok putri juga tidak kalah kreatif dengan mengolah daun kering menjadi pigura foto.

Acara ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar tanpa merusaknya untuk dapat berguna bagi individu dan orang lain. “tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah meningkatkan kreatifitas anggota pramuka penegak menggunakan bahan yang ada di sekitar mereka. Harapannya, semoga dengan diadakannya hasta karya bisa berguna bagi diri mereka dan orang lain serta meningkatkan kepedulian lingkungan”, ucap Dafa Reyhansyah Wahyudi, selaku Ketua Dewan Ambalan Jokotole-Dewi Ratnadi.

 Jurnalis: Dhafran Anugerah Putra - 24125

Editor: M. Rusdi - 19016

Posting Komentar

0 Komentar