About Me

header ads

Pramuka Siaga SDN 006 Balikpapan Kota Membuat Hasta Karya


PramukaNews | Balikpapan – Gerakan Pramuka Gugus Depan Balikpapan 06-037/06-038 Pangkalan SDN 006 Balikpapan Kota melaksanakan latihan rutin. Latihan kali ini diperuntukan bagi Pramuka Siaga dengan membuat hasta karya dari bahan kardus di lapangan SDN 006 Balikpapan Kota (Sabtu, 4 Mei 2024).

Pemanfaatan barang bekas untuk menjadi mainan, Pramuka Siaga SDN 006 Balikpapan Kota berlatih membuat hasta karya dari barang bekas. Latihan rutin kali diawali dengan upacara pembukaan latihan yang dilakukan di halaman SDN 006 Balikpapan Kota. Latihan ini di ikuti oleh seluruh Pramuka Siaga Putra dan Putri. Kemudian dilanjutkan dengan materi hasta karya yaitu membuat mainan mobil-mobilan dari kardus bekas. Kak Enni selaku pembina dan pemateri menjelaskan teknik pembuatan mainan mobil-mobilan.

Senyum terlihat dari wajah para peserta setalah mendengar cara membuat mainan mobil-mobilan. Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok. Diawali dengan memotong kardus sesuai bentuk yang akan dibuat. Potongan kardus kemudian diberi lem tembak bersama dengan anggota kelompok mereka. Bentuk mobil sudah terlihat setelah proses pengeleman dilakukan. Para peserta didik kemudian dipersilakan untuk membuat ban mobil menggunakan kardus berbentuk lingkaran dan disambung dengan sedotan air mineral gelas. Setalah itu, mainan mobil-mobilan diberikan gambar pintu dan jendela.

"Kegiatan membuat hasta karya ini dilaksanakan dengan tujuan agar melatih kerjasama para peserta didik dengan kelompok mereka dan juga agar Pramuka Siaga SDN 006 Balikpapan Kota dapat memanfaatkan barang bekas disekitar mereka untuk dimanfaatkan untuk membuat hal-hal yang berguna dan dapat dipakai kembali. Kali ini para peserta didik diarahkan untuk membuat mainan mobil-mobilan dari kardus bekas." Ucap Kak Enni selaku Pembina Pramuka Siaga Putri SDN 006 Balikpapan Kota.

Setelah hasta karya jadi para peserta didik mewarnai hasil karya mereka. Peserta didik terlihat sangat bersemangat saat mewarnai mainan yang dibuat oleh kelompoknya. Hasta karya diwarnai dengan menggunakan cat air. Setelah dicat dan dikeringkan para peserta mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelompok lainnya. Kegiatan ditutup dengan upacara penutupan latihan yang dipimpin oleh Kak Enni.

Jurnalis : Aznur Panca Saputra – 24112

Editor: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar