About Me

header ads

Pusdiklatcab Sambas Sukses Ikuti TOT Se-Kalimantan Barat

PramukaNews | Sambas – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) mengikuti kegiatan Training of Trainer (TOT) Pelatih se-Kalimantan Barat di Aula Daud Montain Graha Pramuka Kwartir Daerah Kalimantan Barat di Jl. Arteri Supadio, Sungai Raya, Kubu Raya-Kalimantan Barat. ToT Pelatih tersebut dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada tanggal 04 s.d 06/05/2024.

Kwarcab Sambas mengutus lima orang pelatih untuk mengikuti TOT tersebut. Adapun pelatih tersebut adalah Kak Kusnadi, Kak Rita Agusliantine, Kak Sapuad, Kak Ramali N Mas, dan Kak Bambang. TOT ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan pengalaman praktis bagi pelatih dan Pembina pramuka sebagai bekal untk membina peserta didik dan mengelola gugus depan.

Kegiatan TOT dibuka oleh Kak AKBP (Purn) Syarifah Salbiah selaku Wakil Ketua Kwartir Daerah Kalimantan Barat Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa). Dalam sambutannya Kak Salbiah menyampaikan bahwa “melalui kegiatan TOT ini para pelatih yang hadir nantinya dapat memberikan arahan ataupun contoh untuk kakak-kakak Pembina maupun calon Pembina yang lain”, Ungkapnya pada (04/05/2024).

Materi yang diberikan pada waktu kegiatan TOT tersebut adalah tentang penghayatan Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK), Desain Kursus, serta Manajemen Risiko. Materi prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan sampaikan oleh Kak Shabiandi, materi tersebut dikemas dalam bentuk sebuah permainan. Tidak hanya itu, banyak materi-materi lain dari narasumber ahli yang dibekalkan kepada pelatih untuk diterapkan di kwartir cabang masing-masing. 

Jurnalis : Halim Setiawan  – 24107

Editor : M. Rusdi  - 19016

Posting Komentar

0 Komentar