About Me

header ads

Saka Bahari Ikut Sambut Kontingen Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara XLIV Tahun 2024

 


PramukaNews | Balikpapan – Saka Bahari Pangkalan Angkatan Laut Kwartir Cabang Kota Balikpapan ikut serta dalam acara penyambutan Kontingen Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV tahun 2024 di Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan (Jumat, 3 Mei 2024).

Kegiatan penyambutan kontingen Latsitarda Nusantara XLIV/2024 dipimpin langsung oleh Kak Akmal Malik selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur. Lebih dari 1.840 Taruna dan Taruni Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, Akademi Kepolisian, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Politeknik Siber dan Sandi Negara, dan Universitas Pertahanan RI tiba dengan menggunakan tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yaitu KRI Banda Aceh, KRI Banjarmasin, dan KRI Makassar. Turut hadir dalam kegiatan ini seluruh Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur diantaranya Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Kapolda Kaltim, Nanang Avianto serta  Pengurus Cabang Saka Bahari Kota Balikpapan, Pengurus Dewan Saka Bahari serta Penggalang dari beberpa Gugus Depan yang ada di Kwarcab Balikpapan. Kegiatan berlangsung secara khidmat dan disambut baik oleh para peserta yang ikut dalam kegiatan ini.

"Meski diguyur hujan tidak menurunkan antusias dan semangat Anggota Saka Bahari Kota Balikpapan untuk tetap mengikuti kegiatan ini. Setelah acara penyambutan selesai Anggota Saka Bahari dan adik-adik Pramuka Penggalang berkesempatan untuk berkunjung dan melihat dari dalam keadaan serta suasana KRI Banda Aceh," ucap Kak Tari Selaku Pengurus Saka Bahari Kota Balikpapan.

Ketika berada di dalam KRI Banda Aceh, kegiatan dilanjutkan sesi tanya jawab dengan para Taruna dan Taruni mengenai tips dan trik agar dapat kedepannya menjadi taruna dan taruni. Selain itu, para peserta juga menanyakan beberapa hal tentang KRI Banda Aceh didampingi oleh kakak-kakak TNI Angkatan Laut. Ketika berkeliling para peserta merasakan pengalaman baru dan kesempatan langka dapat menginjakan kaki di KRI Banda Aceh. Peserta sangat menikmati waktu yang diberikan dengan berfoto dibeberapa titik serta terlihat senyum dan rasa bangga dari para peserta ketika dapat menaiki salah satu Kapal Perang Kebanggaan Republik Indonesia.

Pada Kesempatan kali ini Kak Tari juga menyampaikan tujuan dari mengikuti kegiatan ini untuk memberi motivasi kepada adik-adik Saka Bahari dan Pramuka Penggalang Kwarcab Balikpapan agar lebih berminat untuk menjadi Taruna atau Taruni. Beliau juga berharap dengan mengikuti kegiatan ini para Pramuka dapat melihat langsung sikap dan perilaku para taruna dan taruni agar dapat menjadi contoh teladan dan perilaku yang baik. Kak Tari berharap dengan adanya kegiatan ini ilmu yang diberikan saat sesi tanya jawab dengan para Taruna dan Taruni dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari. Kegiatan ini juga menjadi salah satu daya tarik agar para Pramuka yang ada di wilayah Kwarcab Balikpapan dapat lebih berminat untuk bergabung bersama Saka Bahari Lanal Balikpapan.

 

Jurnalis : Aznur Panca Saputra – 24112

Editor: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar